Ukraina Miliki Presiden Mantan Pelawak

Mantan Komedia Volodymyr Zelensky dilantik menjadi Presiden Ukraina Senin 20 /5/2019. Foto AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky . Foto AFP

Kiev,Sayangi.com- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah diambil sumpahnya dan dilantik sebagi presiden Ukraina. Pria 41 tahun dilantik sebulan setelah meraih kemenangan telak dalam pemilu atas Petro Poroshenko.Pengalaman politik Zelensky didapat saat ia berperan sebagai presiden dalam sebuah acara televisi.

Volodymyr Zelensky dilantik sebagai presiden termuda Ukraina selepas era Uni Soviet. Ia meraih kemenangan setelah memanfaatkan kemuakan warga terhadap partai politik yang berkuasa saat negara itu dilanda kemiskinan dan korupsi. Saat kampanye ia memiliki slogan “Mereka yang berkuasa haruslah mereka yang mau mengabdi kepada warga,”

Saat pelantikannya Senin (20/5),presiden keenam Ukraina ini memerintahkan kiranya pemilu parlemen dipercepat pada bulan Okrober. Lewat pidatonya ia juga menegaskan prioritasnya adalah mengakhiri perang dengan kelompok separatis dukungan Rusia di timur negara itu.

Dikabarkan Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Griysman mengaku ingin bekerja bersama Zlensky. Akan tetapi sang presiden menolaknya maka ia akan mengundurkan diri pada Rabu (22/5).
sumber: AFP