Menlu AS Tuduh Huawei Bohong Soal Relasinya Dengan Beijing

CEO Huawei Ren Zhengfei. Foto Mitrends Tech
CEO Huawei Ren Zhengfei. Foto Mitrends Tech

Washington,Sayangi.com-Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo menuduh perusahaan raksasa telekomunikasi China Huawei Technologies berbohong. Menurut Pompeo kebohongannya adalah terkait hubungan perusahaan dengan pemerintah Beijing Huawei.

Saaat wawancara dengan jaringan televisi CNBC hari Kamis (23/5), Pompeo mengatakan Huawei ‘tidak saja terikat dengan pemerintah. Pabrikan telekomunikasi Huawei juga dengan Partai Komunis China. Adanya koneksi itu membuat informasi Amerika yang melintas di jaringan itu mmeiliki resiko

Huawei yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, China merupakan pembuat perlengkapan terbesar jaringan telekomunikasi di dunia. Teknologi telekomunikasi Huawei tergolong teratas dalam teknologi 5G. Saat ini Huawei tengah berusaha memenangkan kontrak untuk membangun jaringan global yang membuat Internat lebih cepat.

Minggu lalu pemerintahan Trump secara resmimemberlakukan melarang perusahaan Amerika melakukan bisnis dengan Huawei. Keputusan tersebut menambah memperparah perang dagang antara kedua negara raksasa ekonomi ini.

CEO Huawei Ren Zhengfei tetap keukeuh bahwa perusahaannya tidak akan berbagai rahasia dan tidak dikontrol pemerintah Beijing. Ia juga menandaskan bahwa Huawei tidak memiliki hubungan kerja dengan pemerintah Beijing. Statemen Zhengwei membantah tudingan Pompeo.

sumber:VOA