Terpilih Kembali, PM Modi Janjikan Persatuan dan Ekonomi Maju

PM India Narendra Modi bersama bintang Film Priyanka Copra dengan Nick Jonas.Foto NDTV ra dengan Nick Jonas dihadiri PM India Narendra Modi. Foto NDTV
PM India Narendra Modi bersama bintang Film Priyanka Copra dengan Nick Jonas.Foto NDTV

New Delhi,Sayangi.com- Perdana Menteri India Narendra Modi menghadiri upacara syukur oleh para pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP). Syukuran tersebut digelar di markas besar partai di New Delhi, India, 21 Mei 2019. Pemilu India berakhir pada Ahad pekan lalu.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, menjanjikan persatuan dan inklusivitas setelah data menunjukkan kemenangannya pada pemilu. Modi lewat cuitan di Twitter pada Kamis, 23 Mei 2019 menuliskan “India menang lagi.”

Data dari Komisi Pemilihan Umum India menunjukkan partai pengusung Modi yaitu Bharatiya Janata Party atau BJP memenangkan setidaknya 300 kursi dari total 542 kursi di DPR atau Lok Sabha.

Jumlah kursi naik dari 282 yang diraih partai Hindu nasionalis itu pada 2014. Jumlah ini juga melebihi batasan mayoritas minimal untuk menguasai parlemen yaitu 272.

Kemenangan Modi ini menyebarkan semangat ekonomi di kalangan praktisi pasar keuangan dan investor. Hal ini lantaran Modi menyatakan pemerintah akan melanjutkan reformasi ekonomi selama masa kampanye.

Petahana India ini juga akan ditagih untuk menyediakan puluhan juta lapangan kerja bagi kalangan muda selama beberapa tahun ke depan.

Namun, Modi dikhawatirkan bakal sulit memenuhi janji persatuan India karena kampanye politikus Partai Bharatiya Janata sering kali bersifat memecah belah. Dan komunitas minoritas seperti Muslim dan Kristen merasa khawatir bakal diperlakukan sebagai warga negara kelas dua.

Ia juga akan menghadapi anggota partainya yang bakal memintanya bersikap keras untuk membangun kuil Hindu di lahan yang pernah menjadi sengketa. Lahan tersebut sebelumnya berdiri bangunan masjid bersejarah di Ayodhya pada 1992.

Mengenai kemenangan Maodi, para pemimpin Partai Kongres merasa aneh. “Mengapa meskipun ekonomi melemah rakyat tetap memilih BJP. Kami tidak mengerti,” Salman Soz, juru bicara BJP. “Publik telah memberi mereka kesempatan kedua. Semoga mereka menggunakannya dengan baik.

sumber : Reuters