Antisipasi Kerawanan Selama Masa Mudik, Anies Minta Warga Galakkan Siskamling

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau seluruh warga Ibu Kota untuk kembali menggalakkan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Terlebih lagi di musim mudik seperti saat ini, kemungkinan terjadi kejahatan di rumah kosong semakin meningkat.

Diharapkan dengan kembali digalakkannya siskamling, masyarakat yang mudik ke kampung halaman bisa merasa aman. Karena rumah yang ditinggalkan juga ada yang menjaga.

“Dari pemerintah sudah berikan intruksi kepada semua baik ketua RT, ketua RW untuk mengaktifkan siskamling selama musim lebaran ini,” ujat Anies di kawasan Monas, Kamis (30/5).

Masyarakat, kata Anies, juga diharapkan dapat berperam serta secara aktif ketika di lingkungannya ada sesuatu yang mengkhawatirkan. Segera laporkan ke pihak berwajib atau ketua RT jika menemukan sesuatu yang mencurigakan.

“Dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu saya garisbawahi jangan karena ini tahunan maka dianggap sudah biasa. Justru harus selalu ada ceklis untuk pengamanan di kampung-kampung kita lewat siskamling,” katanya.

Pemprov DKI Jakarta melalui Satpol PP juga telah bekerjasama dengan TNI dan Polri. Ketiga unsur ini akan menggelar kegiatan patroli di wilayah yang ditinggal mudik penghuninya.

“Hal ini untuk berikan rasa aman ketika masyarakat berangkat ke kampung halaman tidak khawatir rumah saya akan dicuri dan sebagainya. Ini kita lakukan bersama-sama,” pungkasnya.