Tips Menanggulangi Penyakit Asma Akibat Stres

Jakarta,Sayangi.com– Roda kehidupan yang sehari-hari melaju dengan cepat dan menekan seringkali membuat orang stres. Kondisi tertekan tersebut tak jarang berpengaruh bagi kesehatan, salah satunya memicu asma.

Menurut Asthma UK, sekitar 43% orang yang menderita asma mengatakan bahwa stres adalah salah satu gejala utama dari asma. Hal tersebut menunjukkan bahwa penderita asma yang dipicu oleh stres lebih rentan terhadap serangan yang sering terjadi.

Banyak cara untuk mengelola stres agar meminimalisasi munculnya asma secara mendadak.Langkah yang tepat untuk membantu meringankan stress sekaligus asma adalah perubahan gaya hidup yang sederhana, namun efektif. Intinya individu harus pandai dalam dalam mengelola stres dan gaya hidup.

Gaya hidup sehat dapat membantu terhindar dari serangan asma. Berhenti merokok atau menghindari asap rokok, dan hindari paparan polusi udara. Dan turunkan berat badan jika terlalu gemuk. Jaga pola makan dengan menu yang sehat dan tidur yang cukup. Kondisi kegemukan dan kurang tidur bisa  menjadi pemicu langsung untuk munculnya serangan asma.

Seiring dengan mengkonsumsi obat yang diresepkan, penderita asma bisa melakukan aktivitas olahraga. Penderita asma bisa juga dengan melakukan meditasi, konseling, dan latihan yoga, atau bentuk meditasi lainnya yang dapat meringankan kondisi stres yang berujung serangan asma.

Perawatan intensif juga diperlukan agar asma tidak sering kambuh. Perawatan ini bisa dengan menggunakan inhaler atau nebulizer. Kedua alat ini efektif membantu meringankan serangan asma.

 

Sumber : medicaldaily