Tersangka Jatuhnya MH 17 Lima Tahun Lalu Sebanyak 4 Orang

Reruntuhan pesawat MH 17 yang ditembak peluru rudal Rusia. Foto RT com
Reruntuhan pesawat MH 17 yang ditembak peluru rudal Rusia. Foto RT com

Den Haag, Sayangi.com- Empat orang telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan terkait penembakan terhadap pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina. Pesawat yang ditembak tersebut yang menyebabkan koraban 298 penumpang dan awak kabin tewas.

Pesawat penumpang MH17 sedang dalam perjalanan ke Amsterdam dari Kuala Lumpur saat ditembak. Pesawat MH 17 jatuh di kawasan Ukraina yang sedang dilanda konflik.

Pihak penyelidik menyalahkan kelompok separatis yang didukung Rusia. Pihak tersebut menemukan pesawat jatuh lantaran tembakan peluru kendali buatan Rusia.Juru bicara Rusia Dmitry Peskov kepada BBC mengatakan bahwa Rusia “tidak diberikan kesempatan untuk ikut serta” dalam penyelidikan resmi.

Pihak Rusia membantah adanya keterlibatan mereka. Kremlin mengatakan rudal yang menghancurkan pesawat itu ditembakkan dari wilayah yang dikuasai oleh Ukraina.

Jatuhnya MH17 membuat Makamah Internasional yang berkedudukan di Belanda telah menetapkan tersangka. Tiga orang tersangka berkewarganegaaraan Rusia Igor Girkin, Sergey Dubinskiy dan Oleg Pulatov. Dan seorang tersangka warga Ukraina Leonid Kharchenko.

Berikut profil 3 tersangka warga rusia penembak MH 17 :

1.Igor Girkin
Pria ini dikenal dengan nama Strelkov. Igor Girkin adalah mantan kolonel di dinas intelejen Rusia FSB.

Ia diberi pangkat menteri pertahanan di kota Donetsk, kota di Ukraina yang dikuasai kelompok separatis yang didukung Rusia. Ia diyakini sebagai perwira tertinggi di wilayah itu yang berada dalam kontak dengan Federasi Rusia.

Dalam sebuah pertanyaan, Girkin mengatakan, “Saya hanya bisa bilang bahwa milisi Ukraina tidak menembak pesawat Boeing itu.”

2.Sergei Dubinskiy
Sergei Dubinskiy (dikenal sebagai Khmuriy), bekerja untuk dinas rahasia militer Rusia GRU, merupakan wakil Girkin dan mengadakan kontak rutin dengan Rusia, menurut penyelidik.

3.Oleg Pulatov,
Pria Rusia ini dikenal sebagai Giurza, merupakan prajurit di Spetznaz GRU (pasukan khusus intelejen militer Rusia). Pulatov pernah menjadi wakil kepada dinas intelejen di Donetsk, menurut Tim Penyelidik Gabungan.

4.Leonid Kharchenko
Pria berkebangsaan Ukraina satu satunya tersangka yang tak memiliki latar belakang militer. Namun ia pernahmemimpin pasukan tempur jarak dekat sebagai komandan di Ukraina bagian timur, ujar penyelidik.

Pengadilan kasus penembakan MH 17 milik pemerintah Malaysia ini dijadwalkan dimulai di Belanda pada tanggal 9 Maret 2020. Perintah internasional telah dikeluarkan untuk menangkap keempat orang tersebut.
sumber: BBC