Korea Selatan Kirim Bantuan 50 Ribu Ton Beras ke Pyongyang

Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Pemimpin Korut, Kim Jong-un. Foto UMUSEKE
Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Pemimpin Korut, Kim Jong-un. Foto UMUSEKE

Seoul, Sayangi.com- Korea Selatan mengirimkan beras kurang lebih 50.000 ton beras ke Korea Utara. Saat ini negara yang diberi sanksi oleh PP tengah sedang mengalami kekeringan parah hingga memukul produk pertaniannya. Bantuan pangan ini akan menjadi bantuan dalam bentuk makanan ke negara terisolasi itu dalam dekade terakhir.

Musim kemarau yang  ekstrem sempat dialami Korea Utara setelah negara itu mendapatkan sanksi ekonomi. Kondisi ini menyebabkan kurangnya persediaan bahan makanan di negara tersebut.

Menteri Unifikasi Korsel, Yeon-chul menilai bahwa pengiriman puluhan ribu ton beras tersebut akan dilakukan dalam waktu secepat mungkin. Sementara itu, Badan Pangan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yakni World Food Programme (WFP) akan bertugas mengawasi pengiriman hingga penyaluran donasi makanan pokok tersebut.

Pemerintah Korsel tak bisa mengabaikan begitu saja masalah pelik yang dialami rakyat Korea Utara,” ujar Yeon-chul.

Sebelumnya bantuan makanan terakhir dari Korsel telah dikirimkan pada 2010 lalu. Saat itu negara yang memproduksi mobil Hyunai ini itu mengirimkan hingga 5.000 ton beras. Bantuan pangan tersebut masuk ke Korut melalui perbatasan kedua negara. Selain bantuan makanan pokok, Korsel bukan sekali dua kali Korsel memberikan bantuan kepada negara “musuhnya”.

sumber:BBC