Sering Dilanda Krisis Air India Bentuk Kemetrian Baru

Ilustrasi air minum.Foto oleh www.RTF,.com
Ilustrasi air minum.Foto oleh www.rtf.com

New Delhi,Sayangi.com- Pemerintah India telah membentuk sebuah kementerian baru. Kementrian tersebut ditujukan untuk mengatasi krisis air yang kian memburuk di negara itu.

Presiden India Ram Nath Kovind mengatakan kementerian baru itu akan menangani konservasi dan pengelolaan air. Pada kamis (20/6)dihadapan parlemen Kovind mengatakan praktik-praktik konservasi air tradisional sudah ditinggalkan. Hal ini karena danau-danau dan kolam-kolam di India ditutup untuk membangun perumahan.

Lebih dari 60 persen penduduk India yang mencapai 1,3 miliar orang sangat bergantung pada pertanian. Warga India sangat bergantung adanya curah hujan yang tinggi.

Dua hari lalu (Rabu) Menteri Pembangunanan Pedesaan Tamil Nadu, S.P. Velumani mengatakan, kemarau yang dialami negara ini menyusul rendahnya curah hujan tahun ini. Curah hujan pada kuartal pertama tahun 2019, hanya 62% lebih rendah dari curah hujan periode yang sama tahun 2017,ujarnya.

Di ibukota negara bagian seperti Chenai, warga terlihat mengantri dekat truk-turuk tangki air sambil membawa jirigen. Beberapa perusahaan meminta para pekerja mereka bekerja di rumah. Beberapa restoran tutup lebih dini. Bahhkan beberapa restoran sedang mempertimbangkan untuk tidak melayani makan siang jika kelangkaan air memburuk.

sumber: the guardian