6 Kiat Tetap Bugar Sehabis Begadang

Ilustrasi Kurang Tidur. Foto Thinkstock
Ilustrasi Kurang Tidur. Foto Thinkstock

Jakarta,Sayangi.com- Begadang di malam hari jelas tidak sehat. Dalam sebuah penelitian yang belum lama ini dilakukan di Korea Selatan, orang yang kalau malam selalu begadang akan lebih berisiko terkena penyakit terkait gula darah tinggi (yang bisa juga memicu beberapa penyakit lainnya), dibandingkan orang yang tidak begadang.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menemukan bahwa orang yang begadang memiliki kualitas tidur yang rendah dan berbagai kebiasaan tidak sehat seperti merokok, kebiasaan duduk terus, dan makan larut di malam hari.

Mereka yang suka begadang ini memiliki lemak dalam darah dengan kadar tinggi. Orang yang begadang 1.7 kali lebih mudah terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik. Kondisi tersebut merupakan sejumlah gejala termasuk tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan terlalu banyak lemak perut dan kadar kolesteror abnormal.

Orang yang begadang akan 3,2 kali lebih berisiko terkena sarcopenia (lemah otot) bila dibandingkan orang yang tidak begadang, kata Dr. Kim.

Berbagai trik yang bisa membuatmu tetap segar meski begadang semalaman. Berikut tip yang bisa dilakukan:

1. Setelah begadang bisa tidur sebentar
Penangkal untuk yang kurang tidur, ya tidur,” kata Mark Rosekind, Ph.D., ahli manajemen keletihan yang juga memimpin program manajemen keletihan untuk National Aeronautics and Space Administration (NASA).

David Dinges, Ph.D., ketua divisi tidur dan kronobiologi di University of Pennsylvania mengatakan, tidur sebentar selama 10 menit saja ada manfaatnya. Otak akan cepat bergerak menuju gelombang tidur yang lambat.

2. Minum kopi atau minuman kafein lainnya
Kopi atau minuman energi lainnya akan meningkatkan ketajaman Anda. Kebanyakan orang memerlukan sekitar 100-200 mg kafein, berdasarkan berat tubuhnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan Rosekind.

“Butuh waktu sekitar 15-30 menit untuk Anda merasakan efek kafeinnya dan manfaat tersebut akan berasa selama 3-4 jam. Jika dalam beberapa jam Anda tetap mengkonsumsi kafein, performa Anda akan berada pada tingkat yang bagus,” tutur Rosekind.

3. Berdiam di tempat penuh cahaya
Kebanyakan orang akan mematikan lampu setelah begadang untuk tidur, padahal sebaiknya lampu tetap dinyalakan, atau biarkan cahaya matahari masuk agar tetap on.

“Setiap orang yang semakin lelah, mereka sering kali mematikan cahaya,” beber Dinges. Padahal, jika ingin tetap terjaga, berdiamlah di ruangan yang terang benderang.

4. Jangan lewatkan sarapan
Pastikan bahwa Anda tidak melewatkan sarapan Anda. Sebab, para ilmuwan mengatakan bahwa makan 1 jam setelah bangun tidur dapat meningkatkan mood dan fokus.

5. Katakan tidak untuk gula
Kurang tidur akan membuat tubuh ingin menyantap makanan manis dan junk food. Alih-alih menyantap makanan manis,lebih disarankan untuk menyantap makanan kaya protein dan biji-bijian

6. Lakukan olahraga kecil dibawah matahari
Tubuh membutuhkan sinar matahari di pagi hari yang kaya vitamin D. Jadi, setelah begadang, cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga di bawah sinar matahari pagi setelah begadang. Lakukan olahraga kecil atau aktivitas lain agar darah mengalir dengan baik guna meningkatkan aktivitas tubuh.

sumber : hello sehat