Bombardier Kanada Jual Pesawat Jet Regional ke Mitsubishi

Pesawat Jet Bisnis Bombardier Kanada. Foto Moneycontrol
Pesawat Jet Bisnis Bombardier Kanada. Foto Moneycontrol

Toronto,Sayangi.com- Pabrikan peswat Bombardier Kanada hari Selasa (25/6) mengumumkan penjualan program jet regional Seri CRJ ke Mitsubishi Heavy Industries (MHI) Jepang. Nilai transaksi dalam penjualan tersebut dibukukan sebesar AS $550 juta.

Penjualan tersebut bermakna perusahaan Bombardier secara efektif keluar dari sektor pesawat penumpang komersial. Disisi lain selama ini Mitsubish telah berusaha memasuki dunia penerbangan. Gayung bersambut, kesepakatan Mitsubithi dengan Bombardier terlaksana setelah belum lama ini Bombardier menjual saham mayoritas jenis pesawatnya.

Bombardier telah menjual jet baru Seri C menengah ke Airbus.yang sebelum dijual,namanya diubah menjadi menjadi A220. Hasil penjualan  Bombardier  masuk dalam lini turboprop Seri Q ke dana investasi Kanada.

Penjualan lini CRJ, pesawat dengan kapasitas 75 hingga 100 kursi berikut bersama jaringan layanan dan dukungannya di beberapa lokasi. Pengambil alihan diperkirakan akan tuntas pada akhir tahun 2020.

Melalui pernyataan, Bombardier mengatakan Mitsubishi juga akan memikul kewajiban senilai $ 200 juta. Tak ketinggalam Mitsubishi juga akan mengambil alih semua kegiatan pemeliharaan, dukungan, perbaikan, pemasaran dan penjualan untuk pesawat tersebut.

Kepala eksekutif Bombardier Alain Bellemare mengatakan transaksi itu mewakili “penyelesaian transformasi kedirgantaraan Bombardier.” Ia menambahkan, manufaktur Bombardier kini akan berfokus pada bisnis rel global dan jet bisnis serta pesawatnya yang masih ada.

Seiji Izumisawa selaku Presiden perusahaan Mitsubishi mengatakan CRJ akan melengkapi pengembangan dan produksi jet komersial SpaceJet. Langkah pembelian tersebut guna mendukung perusahaan mengejar pertumbuhan masa depan dalam penerbangan.

sumber:cbc.ca

Mitsubishi, Seiji Izumisawa,Manufaktur Bombardier,Bombardier Kanada,Mitsubishi Jepang,Gaya Hidup