Trump Dipastikan Akan Bertemu Xi dan Putin di G20 Jepang

Foto Washington Examiner
Foto Washington Examiner

Washington,Sayangi.com- Donald Trump akan bertemu dengan sejumlah pemimpin dunia di sela-sela KTT G20 pada 28-29 Juni, di Jepang. Presiden AS Trump juga akan bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal tersebut disampaikan pejabat Gedung Putih Senin (24/6).

Dalam daftar orang yang akan ditemui Trump, ada nama Perdana Menteri India Narendra Modi, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Tak ketinggalan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Pemimpin AS dari Partai Republik juga akan duduk bersama Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman. Keduanya direncanakan bakal membicarakan peningkatan ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Pertemuan Trump dengan Presiden China sangat dinantikan, dimana kedua pihak berusaha mencapai kesepakatan perdagangan. Pertemuan ini diperkirakan berlangsung pada Sabtu (29/6) atau di hari kedua KTT, di Osaka, Jepang.

Setelah KTT Kelompok 20, presiden Trump melawat ke Seoul. Gedung Putih tidak mengonfirmasi atau bahkan membantah saat ditanya apakah Trump merencanakan kunjungan ke Zona Demiliterisasi (DMZ). Kawasan ini terletak di perbatasan Korea Utara dan Selatan.

Gedung Putih hanya mengatakan Trump tidak merencanakan bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selama perjalanannya di Asia. Hingga saat ini, Trump dan Kim telah bertemu dua kali, yakni di Singapura pada Juni 2018 dan di Hanoi pada Februari 2019.

sumber: AFP