Ingin Kecerdasan Bertambah?, Perbanyak Konsumsi Ikan Teri

Ikan Teri memiliki banyak kandungan Protein. Foto The Hindu
Ikan Teri memiliki banyak kandungan Protein. Foto The Hindu

Jakarta,Sayangi.com- Semua orang pasti mengenal ikan mungil satu ini. Ikan kecil-kecil kering dengan citarasa asin ini kerap diolah dengan cara digoreng kemudian dicampur dengan kacang goreng dan sambal. Terkadang ikan teri dijadikan penambah rasa di sayuran seperti gulai daun singkong.

Di balik tubuhnya yang kecil, ikan teri mengandung berbagai vitamin, mineral, kalsium, dan asam lemak. Berikut 7 manfaat ikan kecil ini bagi kesehatan kita.Berikut 7 ragam manfaat ikan teri bagi kesehatan:

1. Mampu menjaga kesehatan jantung
Ikan teri mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat melawan kolesterol jahat.Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan teri dapat menghilangkan kolesterol tidak sehat dan menghambatnya untuk mengikat dinding arteri. Asam lemak omega-3 juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

2. Memperbaiki Sel
Protein dalam jumlah besar ditemukan dalam ikan teri. Tak hanya itu, ikan ini telah lama dikenal bermanfaat untuk metabolisme sel dan perbaikan jaringan ikat.

Menambahkan ikan teri dalam menu makanan dapat mendorong kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri

3. Merawat Kulit
Selain memgandung asam lemak omeg-3 yang dikenal sebagai kolesterol baik, ikan ini juga mengandung vitamin E. Vitamin E dan selenium baik untuk kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi ikan teri dapat membuat kulit halus, mengurangi risiko berjerawat, bahkan menghambat penuaan dini.

4. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Manfaat ikan teri dianggap baik untuk kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Ikan teri juga mengandung magnesium, dan fosfor, vitamin D dan C.

Kandungan kalsium dalam teri mengurangi risiko degradasi tulang. Vitamin dan mineral dalam ikan teri ini juga dapat menguatkan tulang, mencegah risiko osteoporosis, dan masalah tulang lainnya.

5. Membantu Turunkan  Berat Badan
Kandungan kalori dalam ikan teri rendah. Kandungan tersebut ideal untuk mereka yang sedang diet. Protein yang tinggi membuat rasa kenyang lebih cepat dan mencegah anda untuk makan berlebihan.

6. Menyehatkan  Mata
Ikan teri kaya banyak mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.Mengonsumsi ikan teri dengan kadar vitamin A tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata, seperti penyakit katarak.

sumber :healthyeating