Benarkah Merebus Air Mineral Akan Munculkan Rekasi Kimia?

Foto OpenRice
Foto OpenRice

Jakarta,Sayangi.com- Banyak Orang yang setidaknya satu kali dalam hidup pernah merebus kembali air mineral. Akhir-akhir ini banyak pertanyaan muncul mengenai merebus air mineral. Apakah air mineral yang direbus kembali akan menjadi air yang berbahaya atau tetap aman untuk dikonsumsi?.

Mitos yang beredar menyebutkan bahwa merebus air pada suhu tertentu bisa menghilangkan kuman. Akan tetapi banyak mitos yang menyebutkan jika merebus air justru mampu meningkatkan kadar zat beracun dalam air seperti nitrat, arsenin dan fluorida.

Menurut Agus Haryono yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, merebus air matang juga air mineral kemungkinan bisa memicu terjadinya reaksi kimia tertentu.

Akan tetapi kcil kemungkinan hal tersebut lantaran pada air putih yang direbus tak akan memunculkan zat lain di dalamnya selama perebusan. Dan perebusan ini juga tergantung pada suhu yang digunakan.

Sedangkan laman sehataqua.co.id, beberapa pakar menyebutkan jika merebus air mineral dalam kemasan tidak memberikan manfaat khusus. Air mineral dalam kemasan telah melalui beberapa proses sehingga aman untuk dikonsumsi langsung tanpa direbus kembali. Air mineral yang dijual di pasaran juga telah memenuhi standar kesehatan dan aman secara nasional.

Merebus air mineral pada dasarnya tidak memiliki bahaya bagi kesehatan. Ketika produsen air mineral ini adalah perusahaan yang telah terpercaya, kualitas air sudah sangat baik sehingga tidak disarankan untuk dilakukan perebusan ulang.

Perebusan ulang air mineral dengan suhu tinggi dengan tujuan menghilangkan kuman di dalamnya, ini justru dikhawatirkan mampu memicu munculnya zat berbahaya di dalamnya. Kalau pun ingin merebus ulang air, untuk menghilangkan kuman di dalamnya.sebaiknya cukup dihangatkan.

Hindarkan merebus ir mineral hingga bergejolak sampai memunculkan buih yang sangat banyak.

sumber : doktersehat.com