Gedung Putih Minta Pengadilan Texas Hentikan Gugatan Huawei

Trump black list Huawei. Foto Yahoo News
Trump black list Huawei. Foto Yahoo News

Washington,Sayangi.com- Pemerintah Trump mengajukan mosi untuk meminta pemberhentian gugatan oleh perusahaan Huawei Technologies Co Ltd. Mosi gedung putih ke federal diajukan di pengadilan Distrik Timur Texas, pengadilan yang sama tempat pengaduan asli diajukan.

Gedung Putih mengklaim negara itu telah bertindak ilegal dengan memasukkan produk perusahaan itu ke dalam daftar hitam.

Huawei menyebut bahwa undang-undang yang membatasi bisnisnya Amerika Serikat tidak konstitusional.Dan pada bulan Maret lalu perusahaan raksasa telekomunikasi China menggugat Pemerintah AS.

Huawei telah menjadi obyek perang dagang yang sedang berlangsung antara AS dan China sehingga turut mengganggu pasar keuangan setelah. Belakangan Presiden Donald Trump setuju untuk melonggarkan pembatasan terhadap Huawei. Persetujuan tersebut menyusul pertemuan dengan Presiden Cina Xi Jinping di KTT G 20 di Jepang.

Menurut pejabat pemerintahan Trump,para perunding dagang terkemuka kedua negara terus berupaya untuk mencari titik temu. Para perunding tengah menyelesaikan perang dagang kedua negara.

Pada Rabu lalu Pemerintah AS mengatakan bahwa karena perusahaan itu masih masuk daftar hitam maka permintaan lisensi dari perusahaan AS yang ingin mengimpor produk ke Huawei sedang ditinjau “di bawah pengawasan keamanan nasional tertinggi.”

Saat Reuters mencoba menghubungi pihak Huawei untuk konfirmasi berita tersebut, pihak Huawei  tidak segera memberi jawaban.