Kenali 7 Isyarat Saat Tubuh Memerlukan Vitamin,

Sumber vitamin dari makanan. Foto Dien Khoe
Sumber vitamin dari makanan. Foto Dien Khoe

Jakarta,Sayangi.com- Vitamin memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh yakni membantu pengaturan dan proses kegiatan tubuh. Mengkonsumsi makanan yang bergizi seharusnya jadi rutinitas yang tidak boleh terlewatkan

Kurangnya asupan vitamin akan berpengaruh besar pada keseimbangan tubuh. tidak tercukupnya asupan vitamin lambat laun akan membuka lebar kemungkinan tubuh terserang macam-macam penyakit. Berikut 7 tanda tubuh sangat memerlukan asupan vitamin,

1. Mudah kram
Sering Kram merupakan tanda tubuh kekurangan kalsium, magnesium dan kalium. Ini bisa terjadi jika tubuh melakukan terlalu banyak olahraga. Keringat dikeluarkan sama dengan pengurangan mineral dari tubuh. Untuk memulihkan kalsium bisa mengkonsumsi makan kacang-kacangan, labu, pisang dan apel.

2. Rambut rontok
Kekurangan vitamin B7 akan menyebabkan rambut rontok. Jika ini terjadi cepat cepat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B7. Kandungan vitamin B7 dapat dijumpai di buah pisang, kentang dan kacang-kacangan.

3. Ruam di wajah
Kurangnya asupan vitamin B7 bisa menyebabkan ruam di wajah. Agar semakin tidak parah beri tubuh asupan biotin. Zat biotin banyak dikandung sayur bayam, telur rebus, kembang kol, jamur, kentang dan keju.

4. Kebal pada beberapa anggota tubuh
Jika tubuh mengalami hal tersebut, tandanya tubu kekurangan Vitamin B6, B12 dan B9. Vitamin tersebut berfungsi untuk memproduksi sel darah sehat yang dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke sel darah. Makan makanan kaya vitamin B6,B12 dan B9 adalah makanan laut, unggas, jeruk dan kacang. Semua makanan tersebut sangat menunjang peredaran sel darah.

5. Peradangan gusi atau Infeksi
Kondisi ini disebut periodontitis yaitu peradangan gusi serius yang melibatkan penghancuran jaringan lunak dan tulang pendukung gigi. Agar kondisi tidak semakin parah maka tubuh butuh makanan kaya fosfor dan vitamin D.

Kedua kandungan tersebut penting untuk kesehatan gigi. Fosfor dan Vitamin D bisa ditemukan di susu, beras merah, tomat, kacang, ikan, jeruk dan anggur adalah makanan yang kaya vitamin D.

6. Kuning di bagian putih mata
Kurangnya vitamin B12 juga bisa menyebabkan kuning dibagian putih mata. Ini tandanya tubuh memrlukan asupan makanan hati ayam, susu, salmon, tuna dan daging kambing untuk mengembalikan warna putihnya.

7. Benjolan di tangan dan pinggul
Benjolan yang muncul ini adalah penyebab kamu kekurangan vitamin A, D dan asam lemak. Dalam kondisi seperti ini tubuh memerlukan banyak konsumsi ikan salmon dan kacang dan wortel.

sumber: health.com