Polisi Tangkap Sembilan Pelaku Kerusuhan 21-22 Mei, Satu Masih Buron

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menangkap sembilan pelaku kerusuhan 21-22 Mei. Kesembilan orang itu berinisial DW, AA, F, R, MY, AH, YN, IG, dan FA.

Kendati demikian, Polri masih mengejar satu terduga pelaku kerusuhan, berinisial YN. Ia ditengarai sebagai orang yang membakar emosi massa saat kerusuhan.

“YN patut diduga sebagai komando perusuh di lapangan dengan narasi yang diucapkan bakar, lempar, serang,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jumat (5/7).

Dedi memaparkan, ada delapan kelompok yang merancang kerusuhan tersebut. Mereka sengaja memobilisasi massa usai aksi damai yang digelar di depan gedung Bawaslu saat itu.

“Dari hasil penyelidikan, ada kelompok-kelompok yang akan memanfaatkan momentum demo itu alibi untuk menciptakan martir,” katanya.

Kerusuhan yang terjadi pada 21-22 Mei, kata Dedi, tidak terjadi secara spontan. Menurutnya kerusuhan telah dipersiapkan oleh sejumlah pihak.

“Kami (Polri) sudah memprediksi bahwa kerusuhan yang terjadi itu by design,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Suyudi Ario Seto juga mengamini apa yang disampaikan Dedi. Dari hasil investigasi yang dilakukan, diduga kuat YN merupakan aktor utama yang berada di lapangan saat kerusuhan.

“Dia (YN) yang diduga menjadi aktor intelektual yang melakukan, mengajak dengan berbagai seruan-seruan, bakar, bakar, dan serang,” jelas Suyudi.