Jerman Tolak Permintaan Gedung Putih Kirim Militernya ke Suriah

Ilustrasi Tentara Amerika Serikat di Suriah. Foto You Tube
Ilustrasi Tentara Amerika Serikat di Suriah. Foto You Tube

Berlin,Sayangi.com– Pemerintahan Angela Merkel hari Ahad (7/7) mengatakan mereka tidak ada rencana mengirimkan tentara ke Suriah. Pernyataan itu sekaligus menolak permintaan Amerika Serikat yang ingin negara penghasil BMW itu mengerahkan pasukannya untuk melawan kelompok militan ISIS di utara Suriah.

Juru bicara pemerintah Jerman Steffen Seibert mengumumkan saya mengatakan pemerintah bermaksud melanjutkan kerja sama koalisi anti-ISIS, itu berarti tidak mengirimkan tentara ke lapangan.

Kepada media Jerman, saat berada di Berlin, perwakilan khusus AS di Suriah, James Jeffrey menyebutkan “Kami ingin tentara Jerman untuk menggantikan tentara kami di lapangan di kawasan yang menjadi bagian dari koalisi anti-ISIS.

Tahun lalu Presiden AS Donald Trump mengklaim dan mendeklarasikan kemenangan melawan ISIS. Untuk itu Trump memerintahkan pasukan AS ditarik mundur dari Suriah.Terkait pengiriman Tentara Jerman ke Suriah mandat parlemen Jerman menyebutkan agar pemerintah ikut ambil bagian dalam operasi militer di Suriah akan berakhir 31 Oktober mendatang.

Mandat tersebut berarti setelah tanggal itu parlemen Jerman akan menentukan apa langkah selanjutnya. Jubir pemerintah Jerman Seibert mengatakan selama ini Jerman sudah memberikan kontribusi berarti yang diakui duni internasional dalam memerangi ISIS.

Diturunkannya militer Washington ke Suriah dikatakan memiliki dua tujuan. Pertama AS mendukung pasukan Kurdi yang menghalau ISIS di sebelah utara Suriah.Dan kedua pemerintahan Trump mencegah potensi kembali bangkitnya ISIS di sejumlah wilayah Suriah. Sementara ini sekutu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman yang sejauh ini sudah mengerahkan pesawat pengintai dan mendukung militer non-tempur di Suriah.

sumber: Arab News dan France24