Periksa Jenderal Bintang Tiga, Polri Akan Buka Hasil Investigasi TGPF Novel Pekan Depan

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal mengaku belum mengetahui secara detail, siapa saja perwira tinggi Polri yang diperiksa Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Dia menjelaskan, laporan hasil investigasi saat ini tengah dipelajari oleh Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian. TGPF telah menyerahkan laporan tersebut ke Kapolri pada Selasa (9/7).

“Kemarin itu tim pakar menyerahkan hasilnya kepada Pak Kapolri. Pak Kapolri sedang mempelajari, kami sebagai pejabat utama belum tahu hasilnya itu,” ujar Iqbal di kawasan Monas, Rabu (10/7).

Nantinya, lanjut Iqbal, TGPF dan Polri akan menyampaikan secara lengkap hasil investigasi kepada publik. Rencananya hasil investigasi tersebut akan dipaparkan pada pekan depan.

“Nanti detailnya satu minggu ke depan akan disampaikan oleh tim pakar beserta kami,” katanya.

Seperti diketahui, anggota TGPF Novel Baswedan, Hermawan Sulistyo mengatakan, pihaknya juga turut memeriksa sejumlah perwira tinggi Polri. Bahkan ada jenderal bintang tiga yang turut diperiksa dalam investigasi kasus Novel.

Kendati demikian, ia belum mau mengungkapkan secara rinci terkait identitas para perwira tersebut.

“Ada juga beberapa jenderal bintang tiga yang kami periksa. Jangan salah, semua yang dituduh kami periksa lagi. Semua yang diperiksa oleh penyidikan lalu kami periksa lagi,” ujarnya di Mabes Polri, Selasa (9/7).

Pemeriksaan ini, kata dia, berdasarkan hasil penyelidikan sebelumnya yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya, Ombudsman, dan Komnas HAM.