Berponsel Sepanjang Waktu Bakal Pengaruhi Kesehatan Mata

Foto courishmindmagazine
Foto courishmindmagazine

Jakarta,Sayangi.com- Terdapat beberapa hal yang tidak bisa dikontrol sama sekali ketika kemampuan indra penglihatan berubah. Ada sebagian orang penglihatan bisa smemburuk setelah berusia lanjut. Akan tetapi ada beberapa penyebab lainnya juga bisa dimulai dari kebiasaan sehari-sehari yang dapat menganggu kesehatan mata.

Berikut adalah delapan kebiasaan kecil yang akan membuat kesehatan mata terganggu:

1. Memakai lensa kontak dalam waktu lama
Tidak sedikit pemakai lensa kontak sepanjang waktu bahkan saat waktu tidur. Informasi menyebutkan menggunakan lensa kontak selama dua hari berturut-turut dapat menyebabkan infeksi pada mata.

2. Tidak Berkaca mata saat terpapar ultra violet
Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, pastinya akan selalu terpapar sinar matahari yang kadang membuat mata sakit. Paparan sinar ultra violet bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit mata termasuk katarak. Disarankan untuk selalu memakai kacamata dengan teknologi proteksi UV saat berada di luar ruangan.

3. Terlau sering mengucek mata
Mengucek mata mungkin adalah salah satu kebiasaan yang dianggap sepele bagi sebagaian orang. Aan tetapi aktivitas tersebut menyebabkan bakteri dan kotoran bisa saja menyebar ke area sekitar mata. Mengucek mata terlalu sering bisa membuat mata kemerahan atau iritasi. Dan kebiasaan tersebut meningkatkan resiko kornea bermasalah.

4. Merokok
Merokok ternyata juga bersinggungan dengan penglihatan.Perokok aktif memiliki risiko yang tinggi atas penyakit katarak dan degenerasi makular yang berhubungan dengan usia seseorang. Katarak dan Degenerasi makular adalah penyakit yang membahayakan retina .

Makular degenerasi ini adalah penyabab banyak orang kehilangan penglihatannya saat sudah menginjak usia di atas 50 tahun.

5. Menggunakan makeup lama
Menggunakan makeup yang sudah lama atau kedaluarsa ternyata bisa menggangu penglihatan. Makeup yang sudah lama dapat membuat iritasi pada mata. Kondisi tersebut dalam jangka lama akan mengakibatkan infeksi. Menurut para ahli, makeup mata seharusnya diganti sembilan bulan sekali.

6. Tidak konsultasi dengan dokter mata
Orang hanya mengunjungi dokter mata, hanya saat memiliki masalah yang serius. Sebenarnya pengecekan mata harus dilakukan berkala dan mulai dari usia dini untuk menghindari berbagai penyakit. Hal ini akan menghindarkan mata dari berbagai komplikasi.

7.Penggunaan tetes mata tanpa pengawasan dokter
Mata kemerahan memang lumrah didapati setelah merasa kecapaian atau kurang tidur, sehingga kadang kita hanya bisa mengobatinya dengan menggunakan tetes mata. Namun ternyata, menggunakan tetes mata berbahaya bagi kesehatan mata sehingga sebenarnya tidak dianjurkan oleh dokter.

8. Menatap smartphone sepanjang hari
Cahaya yang berasal dari smartphone ternyata bisa membuat mata kita kering dan mengurangi produksi air mata. Lama kelamaan Mata akan mengalami kelelahan saat menatap layar handphone terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan pandangan mata kabur dan tidak jelas.

sumber: Times of India