Polisi Akan Periksa Ahmad Fanani Sebagai Tersangka Pekan Depan

Jakarta, Sayangi.com – Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya akan memeriksa Ketua Panitia Kemah Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani pada pekan depan. Fanani akan dipanggil dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus penyelewengan Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017.

“Minggu depan mungkin akan kita panggil Ahmad Fanani,” ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Iwan Kurniawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (12/7).

Saat ditanya apa yang ditanyakan kepada Fanani, Iwan masih enggan merincinya. Namun pada intinya, ia akan diperiksa terkait dugaan korupsi dana kemah 2017.

“Kita sudah lakukan gelar perkara dan kita sudah bisa memastikan bahwa ini tercukupi dua alat bukti terhadap yang bersangkutan, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Selain itu, kata Iwan, penyidik juga telah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ini. Para saksi ini terdiri dari orang yang terlibat langsung dalam kegiatan apel dan kemah pemuda Islam Indonesia dan sejumlah saksi ahli.

“Semua saksi sudah (dipanggil), sehingga kita akan melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan,” tuturnya.

Seperti diketahui, polisi telah menetapkan Ahmad Fanani sebagai tersangka kasus penyelewengan dana Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017. Ditaksir jumlah kerugian negara akibat kasus ini sebesar Rp 1,7 miliar lebih.

Kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia ini digelar menggunakan dana APBN Kemenpora. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah pada 16 sampai 17 Desember 2017.