Inilah 4 Cemilan Sehat Gantikan Kecanduan Merokok

Cemilan Sehat. Foto Pixabay
Cemilan Sehat. Foto Pixabay

Jakarta,Sayangi.com- Menghentikan kebiasaan merokok tidak mudah bagi perokok aktif. Ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh ketika memutuskan berhenti merokok. Yang paling sering terjadi adalah jadi mudah stres. Bukan cuma itu, reseptor lidah dan hidung Anda pun ikut rusak akibat terkena zat-zat kimia dalam rokok.

Satu kepulan asap rokok melepaskan sekitar 7.000 bahan beracun. Bayangkan hanya dalam satu kali merokok saja, sudah berapa banyak racun yang merusak saraf-saraf di mulut. Alhasil, saraf di lidah dan hidung jadi baal dan hanya mengenali sensasi bahan aktif dari rokok

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Tobacco Induced Diseases tahun 2017, mengatur pola makan ternyata bisa menjadi salah satu cara sukses untuk berhenti merokok, lho.
Dibawah ini berbagai makanan yang bisa membantu untuk berhenti merokok

1. Sayur dan buah
Berdasarkan jurnal Nicotine and Tobacco Research dalam penelitian tahun 2013, mantan perokok aktif lebih mudah bebas dari jerat rokok jika mengonsumsi sayur dan buah. Diketahui, dua jenis makanan ini bisa mengendalikan sensivitas pada lidah.

2. Susu
Susu dapat menghilangkan rasa pahit di lidah akibat rokok. Pada sebuah penelitian, 209 perokok diminta mencicipi berbagai macam makanan dan menilai makanan apa yang membuat lidahnya enak dan tidak enak, dan jawaban terbanyak yaitu susu.

3. Popcorn
Camilan yang biasa untuk menemani menonton film ini ternyata bisa menjadi menghilangkan kecanduan merokok. Popcorn hanya mengandung 150 kalori di setiap 1.000 gram atau setara lima cangkir popcorn, sehingga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Agar lebih sehat,konsumsilah popcorn dengan minyak zaitun atau keju sebagai pengganti gula dan garam.

4. Kacang
Kacang sebagai camilan berserat tinggi bisa menjadi pengganti rokok, karena dapat menurunkan badan, sehingga tidak perlu khawatir bagi perokok yang melampiaskannya ke makanan setelah berhenti merokok.

Makanan tinggi serat lain bisa ditemui pada sayur brokoli, macam-macam jenis buah beri, serta oatmeal.

sumber: hello sehat