Presiden Komisi Eropa Dimenangkan Wanita Jerman

Ursula von der Leyen Menteri Keamanan Jerman terpilih sebagai Presiden Komisi Eropa. Foto BBC
Ursula von der Leyen Menteri Keamanan Jerman terpilih sebagai Presiden Komisi Eropa. Foto BBC

Brussel, Sayangi.com- Ursula von der Leyen yang memiliki posisi Menteri Pertahanan Jerman, dikukuhkan sebagai presiden Komisi Eropa yang baru. Leyen menjadi wanita pertama yang duduk di posisi paling bergengsi di Uni Eropa (UE).

Kemenangan Leyen disetujui oleh Parlemen Eropa dengan komposisi suara 383-327 dengan 22 abstain. Pemilihan tersebut digelar hari Selasa kemarin. Dibutuhkan 374 suara mayoritas mutlak untuk mendapatkan jabatan itu. Dan von der Leyen berhasil mendulang dengan kelebihan sembilan suara.

Kepada awak media AP Leyen dalam reaksi spontan ia menuturkan “Saya merasa sangat tersanjung dan saya terbebani.”Tugas di depan kita merendahkanku,” imbuhnya

Menteri Pertahanan Jerman ini dicalonkan oleh para pemimpin UE sebagai bagian dari paket penunjukan keseluruhan.Namun masih membutuhkan dukungan dari legislatif. Dia merupakan kandidat menit terakhir dan banyak legislator marah karena tidak ada kandidat utama mereka yang dipilih untuk posisi ini. Sebelum Leyen terpilih hampir semua calon yang diajukan ditolak oleh para pemimpin Uni Eropa.

Terpilihnya von der Leyen merupakan bagian penting dalam paket pemilihan terbaik yang disetujui para pemimpin Uni Eropa awal bulan ini.Von der Leyen mengatakan kepada anggota parlemen di Strasbourg pada hari Selasa bahwa elemen gender akan menjadi bagian penting dari pekerjaannya.

“Pesan saya untuk Anda semua adalah, mari kita bekerja bersama secara konstruktif,” ujarnya.Von der Leyen menginginkan politik yang segar, kesetaraan gender di mana aturan hukum terus tergerus saat ini.

Terpilihnya von der Leyen merupakan bagian penting dalam paket pekerjaan terbaik yang disetujui para pemimpin Uni Eropa awal bulan ini. Ia akan membawahi 28 komisioner.