13 Korban Terpanggang Saat Studio Anime Jepang Terbakar

Gedung Kyoto Animation atau KyoAni Dilalap Jago Merah. Foto Viral Fives
Gedung Kyoto Animation atau KyoAni Dilalap Jago Merah. Foto Viral Fives

Tokyo,Sayangi.com- Para saksi mata kebakaran Studio anime di Kyoto, Jepang, yakni Kyoto Animation atau KyoAni di Jepang yang menewaskan 33 orang mengatakan mendengar dua dentuman keras dan api berkobar sangat dasyat.

Kyoto Animation Co didirikan pada 1981 oleh Yoko Hatta, produser anime. Suaminya, Hideaki, adalah presiden perusahaan itu. Perusahaan ini telah banyak memproduksi serial anime populer dan film layar lebar. Studio ini telah melahirkan film yang cukup terkenal “The Melancholy of Haruhi Suzumiya” dan “K-ON!”

Kepada NHK saksi mata menuturkan “Api berkobar dengan dahsyat. Saya melihat nyala api berwarna merah,” kata seorang pria kepada NHK.

Stasiun televisi NHK melaporkan dalam kejadian itu 36 orang luka-luka. Polisi menangkap pria 41 tahun dikabarkan mengaku sebagai penyulut api. Ia juga dibawa ke rumah sakit karena terluka.

“Kami sedang dalam proses mencari tahu apa yang terjadi,” kata seorang wanita melalui telepon di kantor pusat perusahaan di Kota Uji, Kyoto. “Kami tidak bisa memberi tahu Anda (informasi) lebih banyak,” ujarnya.

Sebelumnya polisi menduga bahwa kebakaran di kota Kyoto ini ada unsur kesengajaan. “Ada seorang pria yang melemparkan cairan dan menyebabkan kobaran api,” kata seorang juru bicara kepolisian Kyoto.

Seorang pria disebut terlihat menyebarkan cairan mirip bensin di sekitar gedung. Pria itu juga berteriak ‘mati’ sebelum menyalakan api.

Sejauh ini belum diketahui motif pria itu melakukan pembakaran yang disebut sebagai salah satu serangan mematikan pasca perang di Jepang. CEO KyoAni, Hideaki Hatta, mengatakan perusahaan pernah menerima ancaman kematian melalui email yang dengan pengirim anonim.

Berita Terkait

BAGIKAN