40 Pelajar India Keracunan Biskuit Kedaluwarsa

Pelajar India Keracunan Makanan. Foto News 18
Pelajar India Keracunan Makanan. Foto News 18

New Delhi,Sayangi.com- Pelajar di India dirawat di rumah sakit karena keracunan akibat makan buskuit kadaluwarsa. Sebanyak 40 anak perempuan di asrama sekolah negeri di distrik Nabarangpur, Odisha, kesakitan setelah memakan biskuit yang telah kedaluwarsa.

Para siswa sekolah Dalabeda Kanyashrama di blok Chandahandi. Kawasan ini berjarak 130 km dari kota Nabarangpur. Awalnya para pelajar asrama tersebut mengeluh sakit hanya beberapa menit setelah mereka memaian biskuit jatah Rabu malam. Beberapa murid demam dan sakit kepala, sedang lainnya sakit perut bahkan muntah-muntah. Pejabat setempat menyebut anak-anak ini akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Murid-murid perempuan yang berusia antara 8 hingga 14 tahun ini sebagian dipindah ke pusat kesehatan di Chandahandi sekitar pukul 21:00. Sebanyak 17 anak dipulangkan setelah mendapat pertolongan selama satu jam, sementara 23 lainnya masih dalam perawatan dan dalam kondisi yang stabil.

Biskuit gula itu diberikan staf sekolah pada malam hari sebagai bagian dari makanan ringan mereka. Namun diduga camilan itu batas konsumsinya sudah lewat beberapa bulan lalu alias sudah kedaluwarsa.

Insiden ini memicu kemarahan di Nabarangpur. Hakim distrik Dr Asit Kumar Mishra memerintahkan petugas kesejahteraan distrik untuk melakukan penyelidikan atas kejadian ini. Hakim memerintahkan kiranya laporan diminta bisa diserahkan dalam sehari.

“Semua siswi harus segera dirawat. Setelah kami menerima laporan penyelidikan kasus ini maka yang bertanggung jawab akan dikenakan saksi,” ujar Mishra.

Kasus yang menimpa anak sekolah seperti ini kerap terjadi di Odisha. Pemalsuan bahan makanan oleh pihak sekolah hingga terjadiya keracunan makanan membuat sering menjadi penyebab sakitnya siswa.