Tak Sepaham Dengan Trump, Direktur Intelejen AS Mundur

Dan Coats Direktur Intilijen Kabinet Trump Mundur. Foto BBC
Dan Coats Direktur Intilijen Kabinet Trump Mundur. Foto BBC

Washington,Sayangi.com- Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) Dan Coats akan mengundurkan diri pada pertengahan Agustus. Dia adalah satu dari deretan tokoh penting yang meninggalkan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.
Lewat Twitter-nya, Trump menyampaikan rasa terima kasih atas jasa-jasa Coats.

“Direktur Intelijen Nasional Dan Coats akan meninggalkan kantornya pada 15 Agustus. Saya ingin berterima kasih kepada Dan atas layanannya yang luar biasa bagi negara kita,” kata Trump dalam akun Twitter pribadinya, Senin (29/7) waktu setempat.

Sebagai penggantinya,John Ratcliffe, anggota Kongres dari Texas, ditunjuk Trump untuk menggantikan Coats. Tercatat Ratcliffe adalah salah satu politikus yang pasang badan untuk Trump terkait investigasi dugaan intervensi Rusia oleh Penyelidik Khusus, Robert Mueller.

Dalam ciutanya Trump juga menambahkan Saya sangat senang mengumumkan bahwa anggota Kongres yang sangat dihormati, John Ratcliffe dari Texas. akan saya nominasikan untuk menjadi Direktur Intelijen Nasional,” cuitnya.

Trump dan Coats kerap silang pendapat terkait penyelidikan kasus Mueller. Dilansir dari laman BBC, inilah penyebab Coats mengundurkan diri.

Presiden Trump sempat mengeluh kepada Coats mengenai kecurigaan Mueller mengenai intervensi Rusia. Namun, Coats bersikeras agar para penyelidik terus bekerja sesuai proses hukum yang berlaku.

Baik Trump dan Coats juga memiliki pendapat berbeda mengenai isu senjata nuklir Korea Utara. Trump memilih jalur pendekatan diplomatis dan juga sanksi agar Korut mau melucuti senjata nuklir. Namun, menurut Coats, pemimpin Korut Kim Jong-un tidak bakal bersedia melucuti senjata nuklir Korea Utara.

Sumber: AFP