Citigroup Akan Rumahkan Ratusan Karyawan

Foto AFP
Foto AFP

Jakarta, Sayangi.com- Citigroup Inc mengalami kemerosotan penurunan permanen perdagangan hingga mengurangi karyawannya. Industri Jasa keuangan ini tengah bersiap memangkas ratusan karyawan di divisi perdagangannya (trading) yang semakin membuktinya adanya penurunan permanen di industri ini.

Seperti dilaporkan Bloomberg, tahun ini Citigroup berencana memberhentikan pekerja di bagian fixed-income dan trading saham . Dilaporkan setidaknya, 100 pekerjaan di unit ekuitas yang jumlahnya 10 persen dari tenaga kerja divisi trading, akan diberhentikan.

Selain dari perubahan pasar tahun ini sejumlah faktor telah membebani kinerja divisi trading. Salah satunya yaitu adanya aturan baru yang membatasi kemampuan dan kemauan pemberi pinjaman untuk bertaruh di pasar modal dengan uang mereka sendiri.

Bukan hanya Citigroup, bank global lainnya juga turut mengalami kemerosotan perdagangan hingga membuat merumahkan karyawannya.Sebelumnya, Deutsche Bank AG juga mengumumkan rencana untuk keluar dari bisnis sekuritas. Perusahaan yang berbasis di Frankfurt ini melakukan PHK terhadap 18.000 karyawannya.

Dilaporkan pada kuartal kedua pendapatan perdagangan lima bank terbesar AS di Wall Street juga turun 8 persen. Kondisi tersebut menyusul adanya penurunan 14 persen dalam 3 bulan pertama tahun ini. Di Citigroup, pendapatan gabungan dari trading saham dan pendapatan tetap menurun 5 persen.“Ini tidak akan menjadi cerita PHK yang terakhir di industri trading,” ujar analis Sandler O’Neill, Jeff Harte dalam wawancara telepon kepada Bloomberg.

sumber: Bloomberg