Macron Himbau AS dan Iran Turunkan Ketegangan

Emmanuel Macron /Foto: Reuters

Prancis,Sayangi.com- Emmanuel Macron, Presiden Prancis pada Selasa (30/7), berbicara kepada Presiden Iran Hasan Rouhani. Dalam pembicaraan tersebut Macron kembali menyerukan menurunkankan ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS).

Kantor kepresidenan Prancis menuturkan “Merupakan peran Prancis untuk melakukan segala upaya untuk memastikan semua pihak sepakat untuk berhenti dan memulai negosiasi. Kesepakatan nuklir Iran yang disepakati pada 2015 mulai ditinggalkan sejak era Presiden AS Donald Trump.

Orang no 1 AS ini mengumumkan Washington menarik diri dari kesepakatan itu pada tahun lalu dan kembali memberlakukan sanksi bagi Iran. Keputusan  Trump tersebut  mengecewakan sekutu-sekutu AS di Eropa.

Kantor kepresidenan Prancis mengatakan Macron mengadakan pembicaraan panjang dengan Rouhani di rumah peristirahatannya di Bregancon. Melalui pembicaraan itu, Macron menegaskan kembali pentingnya menurunkan ketegangan antara Iran dan AS.

Prancis memang secara terang terangan berusaha meredakan ketegangan antara AS dan Iran. Penasehat Kebijakan Luar Negeri Prancis Emmanuel Bonne telah dua kali berkunjung ke Teheran.
sumber: AFP