Ulang Tahun Pertama 18 Anak Panda Dirayakan Secara Meriah

Foto ABC7 Chichago
Foto ABC7 Chichago

Chengdu, Sayangi.com- Sebanyak 18 anak panda berulang tahun di pusat penelitian di China pekan lalu. Layaknya pesta,anak panda tersebut juga diperdengarkan lagu-lagu dan disuguhi aneka kue buah yang dibuat khusus.

News18 melaporkan Pusat Penelitian dan Konservasi Tiongkok untuk Panda Raksasa berhasil membesarkan 31 anak panda raksasa tahun lalu.Hingg kini, sebagian besar tinggal di taman kanak-kanak panda di Pangkalan Shenshuping di Wolong, Provinsi Sichuan.

Di anak panda yang berulang tahun  termasuk diantaranya adalah  tiga pasangan bayi kembar panda jantan dan betina yang lahir pada Juni hingga September.

Sebagai penanda tahun pertama kelahiran anak-anak panda ini, staf di pusat penelitian itu mengadakan pesta ulang tahun bersama untuk hewan-hewan ini pada 25 Juli. Selain menikmati kue ulang tahun yang sangat besar, anak-anak panda ini juga bebas bermain dengan mainan dan mendengarkan lagu.

Mereka tampak menikmatinya dengan memanjat pohon. Sebagian asyik bermain dengan mobil yang terbuat dari bambu.
Xinhua Net melaporkan penggemar anak panda diundang ke pesta ulang tahun itu.

“Ini pertama kalinya aku melihat begitu banyak panda di satu tempat bersamaan. Ini juga pertama kalinya saya melihat begitu banyak bayi panda,” ujar Tang Tingzhao, penggemar panda kepada South China Morning Post. “Saya sangat bersemangat dengan ini smeua, saya juga sangat senang.”

Anak-anak panda itu sebagian besar meminum susu, bahkan makan rebung seperti yang biasa disediakan tetapi kali ini menambah sampai dua kali. Petumbuhan anak-anak panda itu terus dipantau. Selain menjalani pemeriksaan fisik secara rutin, indikator pertumbuhan anak panda juga dipantau di pusat penelitian itu.

Populasi panda raksasa di Pusat Penelitian dan Konservasi Tiongkok untuk Panda Raksasa telah mencapai 285 ekor.Tercatat, kurang dari 2.000 panda hidup di alam liar. Sebagian besar ada di provinsi Sichuan dan Shaanx. Ini berarti lebih dari setengah dari total 548 panda raksasa yang hidup di penangkaran di seluruh dunia.

Pada April tahun ini, Tiongkok menandai 150 tahun penemuan ilmiah spesies yang terancam punah ini. Panda sebenarnya tidak dikenal di luar China sampai misionaris dan naturalis Perancis Pere Jean Pierre Armand David menemukan spesimen mati pada 1869 di Ya’an, provinsi Sichuan, 1869.