Kapolda Metro Berharap Penerapan e-TLE Dapat Tekan Angka Pungli

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono berharap, penerapan Electronic Traffic Law Enforcement atau e-TLE dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Ibu Kota. Selain itu, ia juga berharap, penerapan e-TLE juga mampu menurunkan angka pungutan liar yang dilakukan oknum anggota kepolisian.

Menurutnya, penerapan e-TLE dapat mengurangi kontak antara anggota di lapangan dengan para pelanggar lalu lintas. Jika masih ada oknum anggota yang nekat macam-macam, maka aksinya akan terekam kamera.

“Anggota tidak akan main-main (memungut pungli). Misalnya ada oknum yang mencari-cari kesalahan, akan terekam oleh (kamera) e-TLE ini,” ujar Gatot di Mapoda Metro Jaya, Jumat (2/8).

Penerapan e-TLE, lanjut Gatot juga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas. Dengan e-TLE, diharapkan masyarakat juga semakin sadar akan peraturan lalu lintas.

“e-TLE akan berguna untuk merubah perilaku masyarakat. Dengan adanya kamera-kamera ini diharapkan masyarakat menjadi tertib, tidak melanggar, dan mengurangi sentuhan antara petugas polisi dan masyarakat,” jelasnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini telah terpasang 12 kamera e-TLE dengan resolusi tinggi. Kamera tersebut terpasang di kawasan protokol Jakarta, dari Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M. H. Thamrin.