Duta Besar AS Untuk Rusia Mundur

Duta Besar Amerika untuk Rusia Jon Huntsman mundur. Foto Time Magazine
Duta Besar Amerika untuk Rusia Jon Huntsman mundur. Foto Time Magazine

Moskow,Sayangi.com- Setelah lebih dari dua tahun duduk di kursi panas diplomatik Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Rusia, Jon Huntsman, mengundurkan diri.Hal itu dilaporkan sebuah surat kabar Salt Lake Tribune, terbitan Amerika Serikat.

Salt Lake Tribune, juga menyebut Huntsman tengah mempertimbangkan pencalonan diri sebagai gubernur di negara asalnya, Utah. Jabatan yang pernah dipegang sebelumnya.

Lewat suratnya, Jon Huntsman, menyatakan keinginan untuk mundur efektif per 3 Oktober 2019, dengan alasan pribadi dan keluarga.Salt Lake Tribune melaporkan surat pengunduran diri Huntsman kepada Presiden AS, Donald Trump.Akan tetapi Gedung Putih dan Kementerian Luar Negeri AS belum mengonfirmasi laporan tersebut

Bunyi Surat Huntsman juga menyoroti pergolakan hubungan AS-Rusia yang diwarnai tuduhan mata-mata, dan skandal dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum (pemilu) AS. Kemudian, berakhirnya perjanjian misil nuklir Perang Dingin, hingga konflik di Ukraina yang tak kunjung berakhir.

“Dalam suratnya Diplomat AS ini menyebutkan Kita harus meminta pertanggungjawaban Rusia, mengingat tindakan mereka sudah mengancam AS dan sekutu. Di lain sisi, banyak hal yang memecah belah dan sulit direkonsiliasi. Ada kepentingan bersama yang tidak bisa diabaikan,”

Ia juga menambahkan kalimat tidak ada ‘reset atau restart’ yang akan membantu. Hanya pehamanan yang jelas mengenai kepentingan dan nilai-nilai.

CNN melaporkan Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, membahas pergantian duta besar dalam pembicaraan melalui sambungan telepon pekan lalu. Namun, Gedung Putih menggambarkan sebagian besar pembicaraan fokus pada kebakaran hutan di Siberia.

Salah satu tugas Huntsman yang paling berat menyangkut kasus Paul Whelan. Seorang mantan marinir AS yang ditahan di Rusia atas tuduhan spionase. Trump, yang kerap dinilai serasi dengan Putin, enggan berkomentar mengenai nasib Whelan.

sumber: AFP