Inilah 6 Amalan Sunnah Hari Raya Idul Adha

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Jakarta,Sayangi.com- Idul Adha merupakan salah satu hari besar Islam yang diperingati setiap satu tahun sekali. Hari Raya Idul Adha dikenal juga dengan Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji. Sebab, pada hari itu kegiatan kurban dan ibadah haji dilaksanakan.

menyempurnakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan selama perayaan hari besar ini.Idul Adha juga memiliki keutamaan dan kesunnahan tersendiri yang berbeda. Berikut kesunnahan yang dianjurkan oleh para ulama

1. Mengumandangkan Takbir di Masjid
Umat muslim dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di setiap masjid, musala dan rumah-rumah pada malam ari raya. Kumandang takbir bisa mulai dilakukan sejak terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk khutbah pada Hari Raya Idul Adha dan berakhir pada 13 Dzulhijjah pada hari tasyriq.

2. Mandi Sebelum Salat Idul Adha
Sebelum menunaikan salat Idul Adha, dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk mandi yang bisa dilakukan dimulai dari pertengahan malam, sebelum waktu subuh dan yang paling utama adalah sesudah waktu subuh.

Anjuran untuk mandi sebelum berangkat ke masjid ini berlaku juga bagi perempuan yang berhalangan salat.

3. Menggunakan Wangi-wangian dan Membersihkan Diri
Umat muslim yang akan menunaikan salat Idul Adha juga dianjurkan untuk memakai wangi-wangian. Selain itu disunahkan juga membersihkan anggota badan dengan memotong rambut, kuku dan menghilangkan bau yang tak sedap.

Tujuannya agar memperoleh keutamaan di Hari Raya Idul Adha.Hal tersebut juga disebutkan dalam Kitab Al Majmu’ Syarhu Muhaddzab

4. Memakai Pakaian yang Bersih dan Suci
Untuk menyempurnakan Idul Adha, dianjurkan pula memakai pakaian yang bersih dan suci. Tidak perlu pakaian yang baru, melainkan haruslah bersih dan suci, terbebas dari kotoran.

5. Berjalan Kaki Menuju Tempat Solat Masjid Atau Lapangan
Perjalanan menuju ke masjid juga dianjurkan dilakukan dengan cara berjalan kaki. Tujuannya agar sesama umat Muslim yang juga berangkat menuju ke masjid bisa saling bertegur sapa dan bersalam-salaman.

6. Makan Setelah Salat Idul Adha
Untuk Hari Raya Idul Adha umat Islam disunnahkan untuk makan setelah selesai melaksanakan salat Idul Adha. Hal ini berbeda dengan Idul Fitri yang disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum salat.

sumber: NU online