Ingat, Hindari Langsung Mandi Setelah Berolah Raga

Foto Getty Image
Foto Getty Image

Jakarta,Sayangi.com- Hal yang selalu ingin Anda lakukan setelah berolahraga salah satunya adalah mandi. Mandi merupakan aktivitas wajib yang dilakukan  untuk membersihkan kotoran berupa keringat atau zat lain yang menempel pada kulit Tentunya mandi dilakukan untuk membersihkan badan dari lumuran keringat usai berolahraga.

Namun  satu dari kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan adalah mandi setelah berolah raga. Pada umumnya setelah berolah raga, tubuh akan mengeluarkan keringat melalui pori – pori pada jaringan kulit manusia. Saat keringat masih menempel pada permukaan kulit sangat tidak dianjurkan untuk mandi karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Langsung mandi setelah berolahraga bisa meningkatnya risiko terkena ruam dan masalah kulit yang disebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di kulit karena tubuh yang berkeringat.

Waktu jeda yang disarankan adalah sekitar 20 menit setelah berlatih. Hal ini penting dilakukan karena tubuh membutuhkan pendinginan setelah berolahraga. Saat berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat.

Jika langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.Oleh karena itu, hal terpenting yang harus dilakukan setelah berolahraga adalah melakukan pendinginan.

Pendinginan wajib dilakukan untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para ahli menyarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum memutuskan untuk mandi. Idealnya, tubuh akan berhenti mengeluarkan keringat berlebihan setelah 20 sampai 30 menit pasca berolahraga.

Inilah mengapa mandi tepat dilakukan setelah jeda waktu tersebut. Akan tetapi jika Anda benar-benar merasa tidak bisa menunggu, gunakan waktu tersebut untuk merehidrasi tubuh. Caranya adalah dengan minum air atau jus atau susu hangat atau relax berbaring.

sumber: Times of India