Getaran Gempa Jembrana Bali Terasa Sampai Jember

Foto BMKG
Ilustrasi

Denpasar Sayangi.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan terjadi beberapa kali gempa susulan di Jembaran Bali. Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) telah mengguncang wilayah Jembrana, Bali, Senin (12/8) pukul 05.51 WIB.

Hingga pukul 07.12 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya tiga kali gempa bumi susulan (aftershocks),” tulis Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis, Senin (12/8).

BMKG menyebutkan episenter gempa bumi ini terletak di titik koordinat 9,92 Lintang Selatan dan 113,89 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 189 km arah barat daya Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dengan kedalaman 68 km.

Rahmat menjelaskan gempa bumi ini tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami, dan dirasakan di beberapa daerah hingga Jember, Jawa Timur.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta, Banyuwangi dan Jember II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar dia.