Ibu Dan Anak Warga Korea Utara Ditemukan Tewas Di Korea Selatan

Ilustrasi tewasnya pembelot Korea Utara di Korea Selatan. Foto BNO News
Ilustrasi tewasnya pembelot Korea Utara di Korea Selatan. Foto BNO News

Seoul,Sayangi.com- Pasangan ibu dan anak warga Korea Utara (Korut) yang membelot ke Korea Selatan (Korsel) ditemukan tak bernyawa di apartemen mereka di Seoul. Media Korsel melaporkan, keduanya meninggal lantaran kelaparan.

Jasad perempuan dengan nama keluarga Han, diperkirakan berusia 40 tahunan, dan putranya berusia 6 tahun, ditemukan pada 31 Juli 2019. Petugas berwenang menyebut, mereka diperkirakan meninggal sejak 2 bulan sebelum ditemukan. Polisi mendapat laporan dari pihak apartemen mengenai bau tak sedap dari kamar apartemen korban.

Petugas Kepolisian Gwanak, Seoul,kepada awak media menuturkan,Kami tidak melihat tanda-tanda pembunuhan atau bunuh diri. Kami masih menunggu hasil autopsi dari Badan Forensik Nasional.

MEngacu pada peraturan Korsel,pembelot Korut di Korsel sebenarnya berhak mendapatkan subsidi dari pihak berwenang. Akan tetapi dari mereka memilih berjuang sendiri dengan berbaur ke masyarakat.

Surat kabar Dong A Ilbo melaporkan, Han diketahui sempat menarik dana 3.858 won di rekening banknya beberapa bulan lalu. Namun dia menunggak biaya sewa bulanan apartemen serta gas dan air selama lebih dari setahun. Saat jasad ditemukan petugas, di lemari es Han juga tak ditemukan secuil makanan pun.

Han membelot ke Korsel melalui China dan Thailand pada 2009. Setelah itu dia menikah dengan pria keturunan Korea-China lalu pindah ke China. Setelah bercerai, dia kembali ke Seoul pada 2018 bersama putranya, namun tak mendapatkan pekerjaan.

Data pemerintah Korsel mengungkap, pembelot Korut punya kemungkinan untuk bunuh lantaran dipicu karena trauma, isolasi, dan kesulitan keuangan.

sumber: AFP

sumber:ndtv news