Aparat Keamanan Moskow Geledah Kantor Kelompok HAM

Dinas Keamanan Rusia. Foto The Gal Post
Dinas Keamanan Rusia. Foto The Gal Post

Moskow,Sayangi.com- Sejumlah agen Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) menggeledah kantor kelompok HAM Prakarsa Keadilan Rusia (RJI). Kantor Ham tersebut terletak di ibukota Rusia Moskow.

RJI telah berdiri sejak tahun 2000. Organisasi itu memfokuskan usahanya untuk memberi perlindungan hukum bagi korban pelanggaran HAM yang terkait dengan konflik bersenjata, operasi kontra-terorisme, penyiksaan, dan kekerasan berbasis gender di Rusia.

Sekretaris RJI, Ksenia Babich, menulis di laman Facebook-nya, para agen mengklaim penggeledahan pada tanggal 14 Agustus itu dilakukan berdasarkan surat perintah.

Agen keamanan mengklaim perintah penggeledahan berlaku terhadap keseluruhan gedung, dan organisasi-organisasi yang menjadi mitra RJI berkantor, tulisnya. Meski demikian, menurut Babich, FSJ tidak menunjukkan surat perintah itu.

Ksenia Babich mengatakan, para agen itu tidak menjelaskan alasan penggeledahan. Iapun menjelaskan secara ilegal FJT menyita telepon-telepon anggota RJI, memotret KTP mereka, dan berusaha membobol ruang direktur RJI, Vanessa Kogan.

Saat para pegawai organisasi itu meminta surat perintah penggeledahan para agen yang memasuki kantor tanpa kehadiran direktur, agen-agen itu mengembalikan telepon-telepon yang disita. Lalu kemudian agen keamanan memasuki ruang-ruang lain.
sumber:nytimes.com