Ribuan Perempuan Brasil Gelar Unjuk Rasa Anti Bolsonaro

Foto Press TV
Foto Press TV

Rio De Janerio,Sayangi.com- Ribuan perempuan baik muda dan emak emak Brasil mengadakan protes pada Rabu 14 Agustus 2019.Dalam tempo dua hari ini adalah unjuk rasa ketiga memprotes Presiden Jair Bolsonaro.

Demonstrasi besar-besaran digelar di Ibu Kota Brasilia, saat Brasil mengalami peningkatan suhu udara akibat merebaknya deforestasi di hutan hujan Amazon. Ditambah lagi, pemotongan dana pendidikan yang memicu protes nasional oleh mahasiswa dan kalangan dosen dalam beberapa bulan terakhir

Protes itu memiliki nama unik. “March of the Margaridas” dinamai sesuai dengan pemimpin serikat buruh Brasil Margarida Maria Alves. Pemimpin serikat buruh tersebut dibunuh pada tahun 1983 selama kediktatoran militer.

Sebenarnya protes ini bukanlah pertama kalinya terjadi. Demonstrasi dengan nama itu,digelar setiap empat tahun sekali. Aksi March of the Margaridas sebuah aksi menuntut kondisi kehidupan pedesaan yang lebih baik dan perlindungan hak-hak perempuan.

Aksi kali ini juga mengecam kebijakan rencana Bolsonaro untuk membuka wilayah suku terasing. Bolsaro yang berasal dari sayap kanan merencanakan lahan suku terasing dibuka untuk pertambangan.

sumber: AFP