Insiden Terbakarnya Anggota Polri, Iqbal: Beratnya Beban Kami Jaga Kamtibmas

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal. (Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal mengatakan, turut prihatin dengan insiden terbakarnya empat anggota Polri, saat mengamankan aksi unjuk rasa di Cianjur, Jawa Barat. Hal ini sekaligus menunjukkan tugas polisi yang berat dalam menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di masyarakat.

“Polri menyesalkan peristiwa demonstrasi yang berujung terbakarnya anggota kami. Namun kami menyadari tugas utama kami dalam memelihara Kamtibmas itu memang tak mudah dan seringkali nyawa taruhannya,” ujar Iqbal di Mabes Polri, Jumat (16/8).

Dalam unjuk rasa yang dilakukan di Cianjur, Kamis (15/8), Aiptu Erwin, Bripda Yudi Muslim, Bripda Anif dan Bripda FA Simbolon terkena siraman bensin. Iqbal memohon doa agar anggota Polri yang menjadi korban dapat segera pulih.

“Kami meminta doa dan dukungan dari masyarakat untuk kesembuhan anggota kami, terutama Aiptu Erwin yang luka bakarnya cukup serius dan saat ini dirawat secara intensif di RS Polri,” terangnya.

Lebih jauh Iqbal juga menyampaikan duka cita atas gugurnya Brigpol Anumerta Hedar di Papua. Hedar merupakan bukti bahwa dalam melakukan tugasnya, anggota Polri sampai harus bertaruh nyawa.

“Kami juga masih berduka, atas gugurnya Bhayangkara muda kami, Brigadir Anumerta Hedar yang diduga menjadi korban kekejian kelompok kriminal bersenjata (KKB),” katanya.

Meskipun berasal dari Makassar, lanjut Iqbal, karena ditugaskan di Papua, Hedar telah menyatu dengan wilayah tugasnya. Sehingga ia berusaha melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

“Almarhum sudah merasa menyatu dengan masyarakat lokal, dan melakukan tugas penyamaran untuk memetakan KKB dan memastikan warga aman,” jelasnya.

Seperti diketahui, sejumlah anggota Polri mengalami insiden terbakar ketika menjaga aksi unjuk rasa di depan kantor Pemkab Cianjur, Kamis (15/8). Diduga anggota Polri tersebut terkena sambaran bensin yang dilemparkan salah seorang peserta aksi unjuk rasa.