7 Manfaat Minum Air Putih Pagi Hari Saat Perut Kosong

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur.Foto Getty Image
Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur.Foto Getty Image

Jakarta,Sayangi-  Sebanyak 70 persen tubuh  terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.Minum air putih saat perut kosong di pagi hari ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Saat perut masih dalam keadaan kosong di pagi hari, sangat disarankan untuk minum air putih saja di pagi hari. Berikut lima manfaat yang bisa didapatkan dengan kebiasaan sehat yang sederhana ini.

1. Membersihkan Usus
Minum air putih saat perut kosong bisa bantu membersihkan usus. Dengan begini, sistem pencernaan akan lebih siap dan lebih mudah menyerap nutrisi yang akan masuk dari makanan yang akan kita konsumsi pada hari tersebut.

2. Memaksimalkan Produksi Sel Baru
Produksi sel-sel darah dan otot yang baru bisa meningkat dengan kebiasaan minum air putih dalam keadaan perut kosong di pagi hari. Kondisi ini  akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Membantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh
Pada malam hari, tubuh Anda memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, Anda akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membiarkan tubuh segar dan sehat

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik.

5. Mencegah Kenaikan Berat Badan
Saat  minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, maka hal itu akan  melepaskan semua racun. Dan kondisi ini  akan memperbaiki sistem pencernaan. Tubuh tidak  akan merasa tidak terlalu lapar  sehingga  hasrat  untuk makan akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

6.Mencegah Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan. Namun, saat minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung  naik.

7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih
Minum air putih segera setelah bangun sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang dikonsumsi sampai batas yang sehat, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai

sumber: speakingtree.in,