Kapolda Metro Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Miras Sitaan Dua Bulan Terakhir

Kapoilda Metro Jaya pimpin pemusnahan barang bukti narkoba di lapangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Senin (19/8). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Ditresnarkoba Polda Metro Jaya bersama Polres jajaran memusnahkan barang bukti narkoba, hasil sitaan dua bulan terakhir. Pemusnahan dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono di lapangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Senin (19/8).

Kapolda menjelaskan, dalam pemusnahan kali ini pihaknya memusnahkan barang bukti jenis sabu sebanyak 71,8 kilogram dan ekstasi sebanyak 15.326 butir. Selain itu, pihaknya juga mengamankan 154 tersangka.

“Selama lebih dari dua bulan, Polda Metro Jaya beserta jajaran melakukan langkah-langkah penegakan hukum untuk menekan angka penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” ujar Gatot.

Selama dua bulan terakhir, sambung Gatot, pihaknya mengamankan barang bukti sabu seberat 147,12 kilogram, ganja seberat 34,64 kilogram, ekstasi sebanyak 82.022 butir dan heroin seberat 668,10 gram. Selain itu, pihaknya juga narkoba jenis happy five sebanyak 100 butir, kokain seberat 960,77 gram dan minuman keras sebanyak 10.224 botol.

Kendati demikian, tidak semua barang bukti tersebut akan dimusnahkan. Untuk saat ini, pihaknya hanya memusnahkan barang bukti yang sudah mendapatkan ketetapan dari pengadilan.

“Saat ini yang kita musnahkan hanya berasal dari Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Untuk barang bukti yang disita dari Polres jajaran belum bisa dimusnahkan, karena belum mendapatkan penetapan dari pengadilan,” jelasnya.

Lebih lanjut Gatot juga mengimbau masyarakat agar menjauhi narkoba. Jika tidak, bukan tidak mungkin masa depan anak-anak Indonesia yang jadi taruhan.

“Kita harus memberantas narkoba bersama, tidak bisa sendiri-diri,” tuturnya.