Otoritas AS Pecat Oknum Polisi Pencekik Kulit Hitam

Daniel Pentaleo polisi New York pelaku pembunuhan Eric Garner (gambar kanan). Foto New York Post
Daniel Pentaleo polisi New York pelaku pembunuhan Eric Garner (gambar kanan). Foto New York Post

New York,Sayangi.com- Oknum polisi Daniel Pantaleo yang memcekik seorang pria kulit hitam lima tahun lalu akhirnya dipecat. Pantaleo dipecat Senin (19/8) Komisaris Polisi New York James O’Neill . Kasus yang menyebabkan kematian Eric Garner, 43, Juli 2014.tersebut sempat memicu protes nasional.

Insiden itu memicu protes Black Lives Matter yang menyerukan polisi untuk bertanggung jawab atas kematian orang Afrika-Amerika.

Keputusan O’Neill untuk memecat Pantaleo juga didorong rekomendasi Wakil Komisaris NYPD dan Hakim Administrasi Departemen, Rosemarie Maldonado. “Jelas bahwa Daniel Pantaleo tidak dapat lagi menjabat sebagai petugas kepolisian Kota New York,” kata O’Neill.

Dia mengatakan, petugas kepolisian ialah salah satu pekerjaan tersulit di dunia. O’Neill mengakui beberapa pihak akan marah kepadanya akibat keputusan ini. Namun, dia yakin telah membuat keputusan yang benar. “Jangan salah, ini merupakan tragedi bagi keluarga Garner. Saya sepenuhnya mengerti itu. Tuan Garner ialah putra seseorang, ayah seseorang. Semua orang di NYPD memahami hal itu,” katanya.

Pada Juli 2014, empat petugas berusaha menangkap Garner atas dugaan penjualan rokok ilegal di trotoar di Pulau Staten.

Dalam rekaman video yang menjadi viral, Pantaleo mencekik Garner. Ia mendorong tersangka ke trotoar sebelum melepaskannya. Sementara itu, petugas lain mendorong kepala Garner ke trotoar. Garner kehilangan kesadaran. Ayah enam anak itu dibawa ke rumah sakit tempat ia dinyatakan meninggal.

Pada Desember 2014, hakim negara bagian New York memutuskan, tidak ada cukup bukti untuk mendukung tuduhan pembunuhan yang dilakukan Pantaleo.
Keluarga korban pun mengajukan banding ke Departemen Kehakiman AS. Bulan lalu, Departemen Kehakiman memutuskan bahwa Pantaleo tidak akan menghadapi dakwaan federal.

Keputusan tersebut dikecam keluarga Garner sebagai penghinaan. “Saya berterima kasih kepada Komisaris O’Neill karena melakukan hal yang benar. Anda akhirnya membuat keputusan yang seharusnya dibuat lima tahun yang lalu,” kata putri Garner, Emerald Garner, Senin.

Wali Kota Bill de Blasio, seorang kandidat presiden AS 2020 dari Partai Demokrat, mengatakan keadilan telah dilakukan. Namun, pemimpin persatuan polisi Patrick Lynch menuduh O’Neill memilih politik dan kepentingannya sendiri di atas para petugas polisi yang ia pimpin.

Sumber : Vox News