Pasca Kudeta Sudan Lantik Dewan Kedaulatan

Jenderal Abdel-Fattah Burhan terpilih sebagai Dewan Keamnana Sudan. Foto Getty Image
Jenderal Abdel-Fattah Burhan terpilih sebagai Dewan Keamnana Sudan. Foto Getty Image

Khartoum,Sayangi.com- Panglima militer Sudan, Jenderal Abdel-Fattah Burhan diambil sumpahnya sebagai Ketua Dewan Kedaulatan di Khartoum, hari Rabu (21/8). Lembaga ini terdiri dari gabungan militer- sipil dibuat untuk  memerintah negara itu sampai pemilihan dapat diselenggarakan dalam tiga tahun mendatang.

Jenderal Abdel-Fattah Burhan dilantik dilantik setelah perundingan berminggu-minggu yang menegangkan antara militer dan demonstran sipil. Burhan, yang berusia 59 tahun, akan memimpin dewan itu selama 21 bulan pertama.

Selanjutnya dia akan digantikan seorang pemimpin sipil yang ditunjuk oleh gerakan pro-demokrasi selama 18 bulan berikutnya. Burhan telah mengetuai dewan militer yang mengambil alih negara itu setelah tentara menyingkirkan Presiden Omar al-Bashir yang otokrat pada April lalu.

Dewan baru yang berkuasa itu dibentuk berdasarkan perjanjian pembagian kekuasaan antara militer dan demonstran. Keputusan ini dibuat menyusul tekanan dari Amerika dan sekutu-sekutu Arab. Keputusan ini dibuat  di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa krisis politik bisa memicu perang saudara.

sumber: VOA