Kebakaran Hutan Amazon Prioritas Utama Perbincangan KTT G7

Brasil,Amazone, konferensi puncak G7,KTT G7,Presiden Brazil Jair Bolsonaro,Internasional
Brasil,Amazone, konferensi puncak G7,KTT G7,Presiden Brazil Jair Bolsonaro,Internasional

Paris,Sayangi.com- Presiden Perancis Emmanuel Macron minta supaya kebakaran hutan di kawasan Amazon di Brazil dijadikan topik pembahasan nomor satu dalam konferensi puncak G7 di Perancis.

“Rumah kita sedang terbakar,” kata Macron lewat Twitter pada Kamis (22/8). “Hutan Amazon adalah paru-paru yang menghasilkan 20 persen oksigen di bumi ini sedang terbakar. Ini adalah krisis internasional,” tulisnya lagi.

Lembaga riset antariksa Brazil telah melaporkan minggu ini ada 73.000 titik api di kawasan Amazon saat ini. Angka ini menunjukan kenaikan 83 persen dibanding tahun lalu.

Pakar lingkungan mengatakan, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dari kelompok ekstrem kanan,sebagai penyebab yang mendorong petani dan pihak-pihak lain untuk membuka hutan guna pertanian, peternakan dan industri.

Bolsonaro juga dikecam karena sikapnya yang anti-lingkungan. Balonaro dikecam, atas kebijakannya memperkaya industri perminyakan, pertambangan, peternakan dan perkayuan. Bagi Bolsonaro hutan Amazon sebagai sumber ekonomi yang harus dimanfaatkan.

Tanpa memberikan bukti apapun, Bolsonaro juga menuduh kelompok-kelompok non-pemerintah dengan sengaja menyebabkan kebakaran itu untuk menjatuhkan pemerintahannya. Penguasa Brazil ini juga mengatakan pemerintahnya tidak punya kemampuan memadamkan kebakaran yang menghanguskan kawasan yang sangat luas.

sumber: AFP