Baku Tembak di Wamena, Satu Anggota KKB Tewas, Seorang Polisi Terluka

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Terjadi baku tembak antara aparat dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Wamena Papua. Kontak senjata terjadi di Terminal Pasar Baru, Kota Wamena sekitar pukul 10.00 WIT.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, bukan hanya aparat, masyarakat sekitar lokasi kejadian juga sempat diancam oleh para KKB. Akibat baku tembak ini satu aparat dan seorang warga mengalami luka-luka.

“Mereka (KKB) masuk kota dan mengancam warga, ketika mau ditangkap malah menembak anggota. Akibatnya dua orang terluka, anggota dan masyarakat,” ujar Dedi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/8).

Kondisi kekinian di lokasi kejadian, lanjut Dedi, telah berangsur kondusif. Aparat berhasil melumpuhkan KKB dan menyita satu senjata api laras pendek.

“KKB juga berhasil dilumpuhkan dan barang bukti satu pucuk senpi laras pendek berhasil disita,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda mengatakan, KKB yang terlibat baku tembak dengan aparat berjumlah lima orang. Dua diantaranya membawa senjata laras panjang dan menyerang sehingga terjadi kontak senjata.

KKB tersebut merupakan kelompok pimpinan Egianus Kogoya. Anggota KKB sempat diminta untuk menyerah dan melemparkan senpi, namun mereka mengacuhkannya.

Satu anggota KKB tewas saat baku tembak berlangsung. Namun sampai saat ini belum diketahui identitas dari anggota KKB yang tewas dalam baku tembak.