Bertemu Elemen Masyarakat Papua, Kapolda Metro: Mari Kita Rajut Persatuan dalam Semangat Kebhinnekaan

Pertemuan Forkopimda Jakarta dengan sejumlah tokoh Papua di Mapolda Metro Jaya, Jumat (23/8/2019). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama sejumlah elemen masyarakat Papua menggelar pertemuan di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ), Jumat (23/8). Turut hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono.

Kapolda menjelaskan, pertemuan tersebut membahas tentang kondisi sejumlah wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat. Dialog ini juga digelar agar masyarakat tak terpengaruh rangkaian insiden di Surabaya dan Malang.

“Hari ini bersama-sama kami kumpul dengan para tokoh masyarakat, dengan saudara kita dari Papua dan Papua Barat. Tema kami merajut kesatuan, persatuan dalam semangat kebhinnekaan, supaya tidak terpengaruh dari peristiwa yang terjadi di Surabaya, Malang dan Papua dan Papua Barat,” ujar Gatot.

Di lokasi yang sama, Anies menjelaskan, bahwa Jakarta merupakan wilayah yang heterogen dan tempat berkumpulnya seluruh komponen masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap Jakarta dapat menjadi barometer keberagamaan Indonesia.

“Kami berharap suasana Jakarta yang selama ini dapat menjadi tempat yang setara bagi semuanya, kesempatan yang sama bagi semuanya. Kami harapkan untuk selalu kita jaga bersama,” katanya.

Lebih jauh Anies juga menuturkan, dengan adanya kesetaraan maka akan hadir rasa keadilan. Sehingga akan berujung dengan munculnya rasa persatuan dan saling memiliki.

“Kalau ada perasaan keadilan maka persatuan akan muncul. Kita berharap di Jakarta kita jaga terus suasana itu,” jelasnya.