Trump Terkejut Atas Kehadiran Menlu Iran Di KTT G7

Menlu Iran Zarif terlihat menghadiri KTT G7 Di Perancis. Foto Radio Farta
Menlu Iran Zarif terlihat menghadiri KTT G7 Di Perancis. Foto Radio Farta

Paris,Sayangi.com- Pesiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump dibuat “kaget” dengan kehadiran Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, di KTT G7 di Biarritz, Perancis.

Washington mengaku tidak tahu dengan kedatangan Zarif di sela pertemuan. Sementara presiden AS Trump memilih tidak berkomentar atas keputusan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Sky News Minggu (25/8/2019),menuliskan Menlu Iran itu langsung meninggalkan kota lokasi KTT G7 itu selepas menggelar pertemuan dengan Macron yang dia unggah di Twitter.

Dalam fotonya, Zarif nampak tersenyum dengan Macron berada di hadapannya. Dia menuturkan bertemu Macron selepas menggelar agenda dengan Menlu Perancis, Jean-Yves Le Drian. “Diplomasi aktif Iran dalam melaksanakan dialog yang konstruktif berlangsung. Jalan yang terbentang di depan sulit, namun layak dicoba,” tulis Zarif.

Pejabat Perancis mengatakan, undangan itu bertujuan menurunkan tensi yang dipicu sanksi terhadap Teheran selepas AS keluar dari perjanjian nuklir 2015 dan insiden penyanderaan dua kapal tanker.

Macron memutuskan mengundang Zarif, yang masuk dalam sanksi AS, ke Biarritz selepas melakukan pertemuan bilateral dengan Trump Jumat (23/8/2019).

Presiden Macron menjadi garda terdepan Uni Eropa dalam menyelamatkan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), nama perjanjian nuklir itu, setelah Trump keluar 2018 lalu.

Sebelumnya melalui kesepakatan yang dibuat mantan Presiden Barack Obama, Iran setuju mengurangi produksi nuklirnya dan siap diinspeksi dengan balasan sebagian sanksi dicabut.

Setelah mengumumkan keluar, Trump langsung menandatangani paket sanksi yang membatasi penjualan komoditas utama Iran, minyak. Keputusan Trump membuat ekonomiā€ Iran kolaps.