Kondisi Jayapura Berangsur Kondusif, Massa Membubarkan Diri Difasilitasi Kendaraan TNI-Polri

Jakarta, Sayangi.com – Unjuk rasa yang digelar di Jayapura, Papua pada Kamis (29/8) kembali berujung rusuh. Bahkan kondisi di lokasi unjuk rasa masih mencekan hingga Kamis malam.

Dalam video yang viral beredar, sejumlah bangunan terbakar dan mengeluarkan asap hitam pekat. Diduga massa sengaja membakar bangunan, yang salah satunya Gedung Bea dan Cukai Jayapura.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini situasi kawasan Jayapura dan sekitarnya sudah mulai kondusif. Sejumlah kantor yang dibakar juga telah mulai berhasil dipadamkan.

“Secara umum untuk wilayah Jayapura sudah membaik dan kondusif. Giat semalam berakhir pukul 22.30 WIT,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jumat (30/8).

Seperti diketahui, aksi unjuk rasa di Jayapura berlangsung hingga Kamis malam. Bahkan sejumlah masyarakat masih ada yang bertahan hingga Jumat (30/8).

Namun, kata Dedi, massa yang berunjuk rasa telah kembali ke tempat asalnya masing-masing. Bahkan pihak TNI dan Polri memfasilitasi massa yang ingin pulang.

“Massa yang menggelar aksi di depan kantor Gubernur sudah pulang, dengan difasilitasi kendaraan dinas Polri dan TNI,” terangnya.

Seperti diketahui, suasana di Bumi Cendrawasih tengah memanas. Unjuk rasa terus terjadi, bahkan korban juga telah berjatuhan.

Peristiwa yang terbaru, massa bahkan membakar gedung Majelis Rakyat Papua (MRP), mobil, kantor Pos, hingga kantor Telkom Indonesia di Jayapura, Papua, pada Kamis (29/8).