Kawasan Bandara Rusuh, Hongkong Batalkan 25 Penerbangan

Bandara Hongkong Rusuh. Foto CNA
Bandara Hongkong Rusuh. Foto CNA

Hongkong,Sayangi.com- Pasca meletusnya bentrokan di wilayah bandara,hari Minggu (1/9) sore Hongkong kembali batalkan kurang lebih 25 penerbangan. Tanda-tanda bakal pecahnya bentrokan sudah terasa sejak siang hari, ketika para demonstran berkumpul di sekitar halte bus terminal bandara.

Pernyataan polisi Hong Kong, kepada media menuliskan Operator kereta Airport Express menangguhkan layanan kereta sejak Minggu sore. Hal ini dilakukan karena demonstran masuk ke lintasan kereta. “Sekitar pukul 4 sore, sekelompok besar pengunjukrasa melemparkan banyak tiang besi, batu bata, dan batu ke lintasan dekat Stasiun Bandara Airport Express.

Aksi tersebut menganggu arus kedatangan penumpang menuju bandara tersebut. Lewat pernyataan tertulis ,Airport Authority (AA) mengecam tindakan memblokir beberapa pintu masuk dan keluar ke terminal, menghalangi lalu lintas ke bandara, yang memengaruhi perjalanan penumpang, dan merusak beberapa peralatan bandara.

Tindakan demonstran ini mengingatkan akan insiden Agustus lalu, saat bandara internasional Hong Kong lumpuh total akibat aksi unjuk rasa. Calon penumpang sangat mengeluhkan aksi yang kembali menyasar pintu masuk utama ke Hong Kong ini. Akan tetapi, untuk tetap mencari perhatian dunia internasional, para pengunjuk rasa yang terdiri dari kaum muda Hong Kong itu memang sengaja menggelar aksi mereka di bandara.

Peserta demontrasi  20 tahun yang enggan disebutkan namanya mengatakan “Kami berencana mengganggu aktivitas di bandara untuk menarik perhatian apa yang dilakukan pemerintah dan polisi kepada kami.”Jika kita mengganggu bandara, lebih banyak orang asing akan membaca berita tentang Hong Kong,” ujarnya.

sumber: CNA