Pantai Pakistan Dipenuhi Jarum Suntik dan Limbah Medis

Sampah telah membanjiri Pantai Clifton di Pakistan. Foto YouTube
Sampah telah membanjiri Pantai Clifton di Pakistan. Foto YouTube

Karachi,Sayangi.com- Pantai Clifton favorit penduduk setempat di selatan kota Karachi, Pakistan dibanjiri jarum suntik bekas dan limbah medis lainnya. Pantai Clifton telah berubah menjadi tempat berbahaya karena limbah medis yang tersembunyi di tumpukan sampah terbawa arus usai hujan lebat.

Istri pemain legenda kriket Pakistan Wasim Akram, iku bersuara. Lewat Twitter-nya yang disertai unggahan foto sepanjang pantai, Selasa (3/9) pagi. Dalam twiter Shaniera, menuliskan “Saya berjalan di pantai setiap hari selama empat tahun terakhir, Namun saya tidak pernah merasa takut sampai hari ini,” ujarnya.

Dalam postingan lainnya, Shaniera mengaku telah menghitung sampah jarum suntik. Ada sebanyak lebih dari empat lusin terhampar di atas pasir. Menurut dia, Pantai Clifton sangat berbahaya dan perlu ditutup.

Bahkan, perempuan kelahiran Australia itu menganggap pantai itu seperti rumah sakit karena dipenuhi limbah medis. Ia mengatakan, hal itu pertama kalinya terjadi di wilayah tempat tinggalnya.

“Pantai Clifton, pada saat ini, sangat berbahaya dan perlu ditutup. Itu seperti sebuah rumah sakit di pantai kami,” kata ibu tiga anak itu.

Dilansir BBC, menurut surat kabar Dawn, sekitar sepertiga dari 13 ribu ton sampah yang dibuang penduduk kota setiap harinya berakhir di saluran pembuangan. Sementara Aljazirah melaporkan sampah dan limbah yang menumpuk tinggi berada di dekat kota.

Selokan terbuka mengalir di bawah pembuangan sampah itu menuju Laut Arab, aliran laut yang juga ke Pantai Clifton. Sekretaris Parlemen untuk Urusan Kelautan, Jamil Ahmed Khan mengakui kepada Aljazirah pemerintah provinsi gagal menangani masalah tersebut selama satu dekade terakhir.

Lebih dari 20 tahun yang lalu, ketika kesadaran tentang lingkungan tidak tersebar luas, tidak biasa untuk menemukan limbah rumah sakit dibuang di tempat pembuangan limbah umum. Tapi kemudian ada peningkatan kontrol dan pembuangan limbah rumah sakit menjadi lebih teratur,” jelas Khan.

Para pejabat mengatakan kepada BBC mereka tak tahu asal limbah medis di sepanjang Pantai Clifton. Akan tetapi, Khan percaya dirinya tahu bagaimana limbah medis itu berakhir di sana.

Menurut dia, limbah-limbah yang ditemukan di pantai pada dasarnya berasal dari tempat pembuangan sampah yang tersapu ke laut karena hujan yang lebat. Karachi dilanda hujan lebat selama beberapa pekan terakhir.

Pejabat di kota tengah menangani limbah medis yang ada di Pantai Clifton dengan benar. Mereka menutup area yang terkena dampak dalam beberapa jam setelah Shaniera meminta bantuan melalui unggahan di Twitter.

Setidaknya untuk saat ini, limbah medis di Pantai Clifton sedang ditangani dengan benar. Pejabat di kota menutup area yang terkena dampak dalam beberapa jam setelah panggilan Nyonya Akram untuk bantuan di Twitter.

sumber:BBC