BerHP Dikamar Gelap Bisa Picu Kebutaan

Foto Daily Mail
Foto Daily Mail

Beijing,Sayangi.com- Seorang Wanita muda di China terancam tak bisa melihat lagi. Ini karena ia kecanduan game online.Hal ini lantaran paparan sinar HP menyebabkan tekanan tinggi yang tidak normal pada mata atau sering disebut Glaukoma

World of Buzz melaporkan Mayo Clinic meyebutkan glaukoma adalah kondisi mata dengan kerusakan pada saraf optik. Penyakit ini menjadi penyebab utama kebutaan yang dapat terjadi pada usia berapa saja, namun seringnya di atas usia 60.

Namun wanita dari China ini mengalaminya saat usianya masih 29 tahun. Penyebabnya ia kecanduan main game dengan HP-nya hingga sebelum tidur. Oriental Daily menyebutkan wanita ini dan teman-temannya begitu senangnya bermain game sebagai tim. Jadi setiap malam, mereka bersepakat bermain beberapa pemainan.

Semula, wanita itu membuat aturan main untuk diriya sendiri, yakni hanya bermain satu pertandingan sebelum tidur. Hanya saja, setiap kali tim kalah, rekan satu tim memintanya bermain di ronde berikutnya.

Tanpa disadari, ia ikut asyik bermain game. Kadang sampai dini hari, bisa sampai pukul 02:00 bahkan pukul 03:00. Suatu ketika, setelah dia begadang sampai pukul 03:00 di hari sebelumnya, ia bangun pada pagi hari namun ia tak bisa membuka matanya. Ia merasa ada benda yang menyengat. ia menutup matanya sebentar lalu kembali membukanya perlahan.

Pengalaman ini membuatnya taku. Ia pun mulai menahan diri untuk tidak bermain game di HP-nya selama beberapa hari. Ia bahkan merawat matanya dengan menggunakan penutup mata yang diuap.

Tapi kebiasaan buruk sebelum tidur akhirnya berulang dan kerusakan mata telah terjadi. Hingga suatu hari ia mendapati mata kanannya begitu merah dan bagian putih di matanya tak terlihat.

Iapun bergegas ke dokter untuk memeriksakan matanya. Diagnoisa dokter, ia kena glaukoma.

Zhu, wakil direktur departemen oftalmologi rumah sakit, mengatakan bahwa menggunakan HP untuk media sosial, permainan, membaca novel dan kegiatan lain dalam kegelapan sebelum tidur adalah kebiasan yang amat buruk bagi mata.

Menurutnya, menggunakan HP dalam waktu lama di tempat gelap akan membuat mata lebih rentan terhadap kekeringan, pembengkakan, dan kelelahan.

Kondisi ini karena membuka HP di tempat gelap membuat otot-otot siliaris (otot di mata yang memungkinkan lensa berubah bentuk untuk fokus) berkontraksi dengan kuat. Akibatnya, lambat laun terjadi kerusakan pada saraf optik atau saraf mata.