Putin Bersedia Andai Trump Ingin Senjata Hipersonik Rusia

Rudal S-300 dan S-400 milik Rusia .Foto India Time
Rudal S-300 dan S-400 milik Rusia .Foto India Time

Vladiostok,Sayangi.com– Kabar menakjubkan muncul dari Kremlin. Moskow menawarkan Washington kesempatan untuk membeli senjata hipersonik Rusia. Tawaran itu disampaikan langsung Presiden Rusia Vladimir Vladimorvich Putin kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump.

Pemimpin Kremlin itu mengungkapkan tawaran itu saat berbicara di Forum Ekonomi Timur (EEF) di Vladivostok, hari Kamis. Saat ditanya bagaimana persenjataan Rusia yang baru bisa masuk ke dalam perjanjian kontrol senjata yang ada?

Putin menjawab “Saya sudah memberi tahu Donald (Trump); Apakah Anda ingin kami menjualnya (senjata hipersonik) kepada Anda? Dan kami akan menyeimbangkan semuanya dengan itu.

“Ya, mungkin mereka akan melakukannya. Tapi mengapa membelanjakan uang ketika kita sudah menghabiskannya dan bisa mendapatkan sesuatu sebagai balasan tanpa merusak keamanan kita sendiri dan demi menciptakan keseimbangan?,” kata Putin, yang dikutip dari Russia Today, Jumat (6/9/2019).

Namun masih belum jelas apakah Presiden AS telah mempertimbangkan tawaran itu atau belum. Hal ini lantaran Washington berusaha untuk membuat senjata hipersonik sendiri.

Belum jelas apakah presiden Rusia serius dengan tawarannya atau apakah itu adalah contoh trolling yang sangat terkenal. Bagaimanapun Moskow sama seperti pihak lain—selalu enggan menjual senjata terbaru di luar negeri atau, setidaknya, membuat versi ekspornya.

Sejumlah besar senjata baru, termasuk rudal hipersonik, laser, rudal jelajah dan drone bawah air dengan mesin tenaga nuklir, diluncurkan oleh Presiden Rusia pada Maret 2018. Beberapa senjata, seperti rudal Kinzhal hipersonik yang diluncurkan di udara, telah ditunjukkan dalam aksi di depan masyarakat umum.

Rudal hipersonik merupakan senjata dapat mencapai kecepatan sangat tinggi yang membuatnya lebih sulit dicegat dengan sistem pertahanan yang ada di dunia.